Cara Masuk Safe Mode di Windows 7 dan 8

By Categories : Hardware

Safe mode merupakan fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows. Fitur ini paling banyak digunakan oleh pengguna jika komputer sedang mengalami masalah. Misal saja mulai dari aplikasi atau program yang tidak berjalan dengan baik sampai dengan komputer yang telah diinfeksi oleh virus. Semua hal tersebut dapat diperbaiki dengan cara masuk ke dalam safe mode. Di dalam fitur safe mode, Windows tidak memuat berbagai macam driver serta aplikasi, melainkan hanya driver yang sifatnya penting saja.

Dengan begitu pengguna tentunya dapat melakukan pengaturan serta memperbaiki secara bebas dari gangguan. Untuk masuk ke dalam safe mode terdapat beberapa metode cara termasuk juga tergantung dari sistem operasi yang digunakan. Meski begitu pada dasarnya metode tersebut sama dan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Nah bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana saja cara masuk safe mode di Windows 7 dan 8, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Masuk Safe Mode di Windows 7 dan 8

Berikut Beberapa Cara Masuk Safe Mode di Windows 7 dan 8

Cara Pertama

Untuk cara masuk ke dalam safe mode pertama adalah dengan system configuration. Untuk caranya cukup mudah dengan ketikkan “msconfig atau system configuration” pada Windows Search dan tekan enter. Selain itu Anda juga bisa masuk melalui Windows Run dengan Shortcut Tombol icon “Windows + R” dan ketikkan “msconfig”. Untuk langkah berikutnya silahkan pilih tab “Boot” kemudian ceklis pilihan “Safe Boot” serta pilih salah satu dari 4 macam metode safe mode yakni sebagai berikut :

  • Minimal : Untuk menjalankan safe mode dengan memuat driver yang perannya penting dengan tampilan standart.
  • Alternate shell : Untuk menjalankan safe mode dengan menggunakan Command Prompt tanpa adanya Windows GUI. Dalam metode ini dibutuhkan pengetahuan yang cukup menggunakan Windows tanpa adanya mouse.
  • Active Directory Repair : Untuk menjalankan safe mode dengan akses ke berbagai komponen pada komputer. Untuk metode yang satu ini cocok ketika gagal dalam melakukan instalasi hardware baru.
  • Network : Pada metode ini menjalankan safe mode dengan driver serta service digunakan dalam mengakses jaringan. Selain itu metode ini menggunakan tampilan GUI Windows standar.

Setelah memilih salah satu dari 4 metode tersebut semisal “Minimal” kemudian klik “tombol Apply” dan “OK”. Selanjutnya terdapat perintah “Apakah Ingin Restart Sekarang atau Tidak”. Silahkan pilih “Restart” dan komputer akan mulai masuk ke dalam safe mode. Cara ini dapat dilakukan pada Windows 7 maupun 8.

Cara Kedua

Untuk cara alternatif ini dapat dilakukan pada Windows 8 yakni dengan menggunakan Advanced Startup. Untuk caranya sangat mudah yakni masuk ke dalam menu dengan membuka “Start Screen” dan langsung ketikkan “Advanced” serta pilih kategori “Setting / Pengaturan” di bawah kolom search tersebut.

Setelah masuk ke dalam “Setting” langkah berikutnya adalah dengan klik menu “General” kemudian Scroll sampai ke bawah sampai dengan menemukan menu “Advanced startup” dan klik “Restart Now”. Setelah itu akan muncul pilihan yakni “Continue, Troubleshoot, dan juga Turn Of Your PC”. Silahkan Anda memilih “Troubleshoot” -> Advanced Option sampai dengan muncul berbagai pilihan.

Langkah yang terakhir adalah dengan memilih “startup Setting” dan klik Restart. Terdapat beberapa pilihan safe mode, silahkan pilih salah satu pilihan safe mode yang Anda inginkan. Untuk versi standart silahkan pilih “enable Safe Mode” dengan menekan tombol “F4” sesuai urutan pada menu pilihan.

Demikianlah tadi beberapa cara masuk safe mode di Windows 7 dan 8 yang dapat Anda coba. Baca Juga Perbedaan Hub dengan Switch

Loading...