Cara Kerja Sel Surya

By Categories : Tekno

Sel surya merupakan divais yang dapat mengkonfersi langsung cahaya dari sinar matahari menjadi sebuah energi listrik. Sel surya disebut juga dengan media untuk memaksimalkan potensi dari energi yang berasal dari sinar matahari. Meskipun digunakan dalam menghasilkan listrik, energi dari sinar matahari ini juga dapat dimaksimalkan energi panas melalui solar thermal. Sel surya ini sering dimanfaatkan juga oleh berbagai perusahaan untuk menghasikan energi listrik.

Ketika mendapatkan pancaran sinar matahari pada umumnya satu sel surya dapat menghasilkan tegangan dc sebesar 0,5 sampai dengan 1 volt, dan juga arus short-circuit. Besar tegangan dan juga arus tersebut tidak cukup untu berbagai aplikasi. Sehingga pada umumnya sejumlah sel surya disusun membentuk modul surya secara seri. Pada umumnya modul surya terdiri dari 28 sampai 36 sel surya dan total dapat menghasilkan tegangan dc 12 Volt dalam kondisi sinar standart. Modul surya dapat digabungkan dengan cara seri dan juga parallel untuk memperbesar tegangan dan juga arus pada output sesuai daya yang dibutuhkan pada aplikasi tertentu. Lalu bagaimana cara kerja dari sel surya ini yang dapat memanfaatkan energi matahari menjadi energi listrik? Simak ulasan dibawah ini!

Cara Kerja Sel Surya

cara kerja sel surya

Sel surya konvensional bekerja dengan menggunakan prinsip p-n junction yaitu seperti junction antara semikonduktor tipe-p dan juga tipe-n. Semikonduktor ini berasal dari ikatan atom yang memiliki electron sebagai penyusun dasarnya. Setiap semikonduktor memiliki kelebihan sendiri seperti semikonduktor tipe-n yang memiliki kelebihan electron muatan negatif, sedangkan untuk semikonduktor tipe-p memiliki kelebihan hole muatan positif.

Kondisi kelebihan electron dan hole ini bisa terjadi dengan cara mendoping material dengan atom dopant. Sebagai contoh dalam mendapatkan material silicon tipe-p, silicon harus didoping dengan atom boron, sedangkan untuk material silicon tipe-n, silicon harus didoping oleh atom fosfor. Baca Juga Strategi Pemasaran Online Shop

Nah untuk peran dari p-n junction ini adalah untuk membentuk medan listrik, sehinggan electron dan juga hole dapat diekstrak oleh material kontak dalam menghasilkan sebuah energi listrik. Oleh karena itu ketika semikonduktor tipe-p dan juga tipe-n terkontak, kelebihan dari electron akan bergerak dari semikonduktor tipe-n menuju ke tipe-p. Dengan begitu terbentuklah kutub positif pada semikonduktor tipe-n, dan begitu pula sebaliknya kutub negatif pada semikonduktor tipe-p.

Akibat electron dan hole akan terbentuk medan listrik, ketika cahaya matahari mengenai susunan dari p-n junction akan mendorong electron bergerak dari semikonduktor menuju kontak negatif. Selanjutnya dimanfaatkan sebagai energi listrik, dan begitu pula sebaliknya hole akan bergerak menuju kontak positif menunggu datangnya sebuah electron.

Nah itulah cara kerja sel surya yang merupakan sebuah media yang dapat menghasilkan arus listrik yang berasal dari sinar matahari. Dengan memanfaatkan sel surya maka penggunaan sumber energi yang berasal dari jasad renik jutaan tahun yang lalu dapat berkurang. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk keadaan lingkungan, karena tanpa menghasilkan polusi dan aman. Baca juga artikel Situs Belajar Coding

Loading...