Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap

By Categories : Tekno

Apa yang sudah Anda ketahui tentang pembangkit listrik tenaga uap atau disingkat juga dengan PLTU? Mungkin Anda pernah mendengar penjelasan ini di sekolah atau ditempat lainnya. Ya, pembangkit listrik tenaga uap/ PLTU merupakan salah satu unit pembangkitan listrik yang menggunakan bantuan generator dan juga digerakkan oleh turbin berasal dari uap. Pernahkah Anda berfikir dari mana Anda mendapatkan pasokan energi listrik setiap hari atau bahkan setiap saatnya? Jawabannya adalah ada di artikel ini. Uap dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan energi listrik. Nah artikel ini akan menginformasikan kepada Anda tentang beberapa cara kerja pembangkit listrik tenaga uap yang dapat Anda ketahui secara mendetail.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Jika mungkin Anda pernah mendengar sedikit tentang PLTU, dengan Anda membaca artikel ini maka pengetahuan Anda tentang PLTU akan semakin bertambah luas. Selain dari PLTU, ada juga pembangkit listrik tenaga air/ PLTA yang mungkin lebih familiar Anda dengar. PLTU ini bekerja berdasarkan pada prinsip atau siklus rankine. Uap yang dihasilkan untuk pembangkitan listrik itu dihasilkan dari pemanfaatan dari energi pembakaran pada bahan bakar tertentu, seperti pada gas (PLG, LNG, dan jenis gas-gas lainnya), minyak (untuk jenis minyak ringan sampai dengan minyak berat), batu bara (dari batu bara dengan kualitas rendah hingga kualitas paling tinggi), dan pemanfaatan biomass yaitu bahan lain yang bisa dibakar.

Beberapa cara kerja pembangkit listrik tenaga uap yang dapat Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Dalam suatu siklus cara kerja PLTU, pertama-tama air dari dalam kondisioner itu dipompakan masuk ke dalam boiler.
  • Setelah air menerima energi dari panas dalam boiler tersebut, kemudian secara langsung berubah menjadi uap-uap yang panas.
  • Uap panas tersebut tadi kemudian berhasil memutar turbin yang seporos dengan posisi generator dan merubahnya dari energi panas menjadi suatu energi mekanik yang menggerakkan turbin lalu kemudian energi listrik dibangkitkan dari generator.
  • Terakhir adalah uap yang melepaskan energi panas didalam condenser dan kemudian berubah kembali menjadi air.

Selain dari beberapa cara kerja pembangkit listrik tenaga uap yang telah kami sampaikan diatas tadi, kami juga dapat memberikan informasi kepada Anda tentang kelebihan atau keunggulan dari PLTU itu sendiri, misalnya bisa dioperasikan dengan jenis bahan bakar cair padat ataupun gas, bisa dengan kapasitas yang bervariasi pembangunannya, bisa dioperasikan dengan macam-macam mode pembebanan, usianya juga cukup lama, dan kontinuitas operasi tinggi. Ada juga kelemahan yang dimiliki oleh PLTU yang dapat Anda pertimbangkan juga dalam memilih beberapa jenis pembangkit termal, seperti PLTU tergantung sekali pada tersedianya pasokan listrik dari luar, tidak bisa beroperasi tanpa listrik dari luar yang dipasok, dan sangat memerlukan persediaan air dingin yang banyak dan berkelanjutan. Baca juga Cara kerja PLTN.

Loading...