Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

By Categories : Tekno

Sumber energi alternatif yang dapat diperbarui kini sangat dibutuhkan, misalnya seperti yang kini terus dikembangkan baik di Indonesia maupun dunia yaitu tenaga panas bumi. Tenaga panas bumi ini khususnya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Cara kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) pun seringkali diperbincangkan. Banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara kerjanya, mungkin karena ingin tahu apakah cara ini cukup efektif atau tidak. Dengan memanfaatkan sumber energi yang tak akan habis memang dapat dikatakan cukup efektif, sumber energi seperti itulah yang seharusnya kita gunakan, sehingga tak akan menyebabkan masalah-masalah bagi manusia.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Bahan bakar minyak (BBM) akhir-akhir ini memang mengalami naik turun harga sehingga menyebabkan kekisruhan, tak heran jika BBM serta sumber energi lain yang berasal dari fosil di dalam bumi terus mengalami kenaikan harga, pasalnya sumber energi bumi memang tak dapat diperbarui dan lama kelamaan akan habis. Untuk itulah diperlukan sumber energi lain yang dapat diperbarui untuk menangani masalah tersebut, seperti sumber energi panas bumi ini. Cara kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) sendiri sebenarnya bukan hal yang baru, prinsip kerja dari PLTP ini hampir sama seperti cara kerja pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), yaitu mengandalkan tekanan dari uap, menggunakan air yang dipanaskan agar menjadi uap. Hanya saja dalam menghasilkan uap digunakan bahan bakar yang berbeda, jika pada PLTU dibantu oleh bahan bakar seperti gas, minyak, batu bara, dimana bahan bakar tersebut adalah bahan bakar yang tidak dapat diperbarui, lain dengan PLTP ini.

Pertama dalam cara kerja dari PLTP, air yang ada di tangki diinjeksikan ke dalam bumi hingga mencapai titik dimana terjangkau oleh sumber panas bumi. Jika disemakan maka pipa injeksi hingga mencapai diatas sumber panas bumi. Dengan begitu, setelah air memanas akan berubah menjadi uap,namun sebelum menuju ke turbin, uap air dipisahkan terlebih dahulu dari air yang masih terbawa, proses ini dilakukan di separator. Baru setelah itu uap kering menuju ke turbin dan menggerakkan generator yang digunakan untuk pembangkit listrik.

Selanjutnya uap didinginkan di dalam mesin pendingin dan proses tersebut berulang kembali. Dengan mengandalkan panas bumi, kita tak perlu mengkhawatirkan pemborosan dari bahan bakar yang tak dapat diperbarui, karena panas bumi akan terus ada selama bumi ini belum hancur. Sebenarnya sumber energi lainnya yang dapat dimanfaatkan bukan hanya panas bumi saja, sumber lain seperti panas matahari juga tengah dikembangkan karena memang manusia harus menemukan sumber energi seperti itu dan segera menghentikan atau setidaknya mengurangi menggunakan sumber energi seperti BBM. Demikianlah kurang lebih uraian cara kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP )yang semoga bermanfaat untuk Anda. Baca juga Cara kerja pembangkit listrik tenaga angin.

Loading...