Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Angin

By Categories : Tekno

Angin merupakan suatu bentuk energi yang ada di alam kita. Nah Pembangkit Listrik Tenaga Angin ini bisa mengkonversikan energi yang ada di angin dan kemudian dirubah menjadi suatu energi listrik menggunakan bantuan turbin angin tau bisa digantikan juga dengan kincir angin. Ada beberapa pembangkit listrik selain angin yang bisa dimanfaatkan orang-orang, yaitu air dan uap. Masing-masing jenis pembangkit listrik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing juga. Nah, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari pembangkit listrik tenaga angin yang sederhana ini? Sebelum kita memasuki pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan pembangkit litstrik tenaga angin, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang cara kerja pembangkit listrik tenaga angin sederhana.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Jika Anda telah mengetahui tentang cara kerja pembangkit tenaga listrik air dan uap, maka cara kerja untuk pembangkit listrik tenaga angin juga hampir sama, meskipun ada beberapa perbedaan di dalamnya. Namun, alat utama yang terdapat dalam pembangkit listrik tenaga angin adalah turbin/ kincir angin.

Cara kerja pertama adalah angin yang dihasilkan setiap waktunya digunakan untuk memutar turbin atau kincir angin tersebut, kemudian ketika turbin atau kincir tersebut berputar, maka dapat diteruskan juga untuk memutar salah satu bagian pada generator yaitu rotor di belakang turbin atau kincir angin. Setelah beberapa tahapan tersebut di atas berlalu, maka selanjutnya adalah energi listrik dapat dihasilkan. Sebelum energi listrik yang telah dihasilkan tadi digunakan oleh Anda, akan lebih baik jika energi listrik tersebut tadi disimpan dahulu kedalam baterai. Jika kita, atau secara luas masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan energy angin untuk pembangkit listrik, maka manfaat yang sangat besar akan kita dapatkan.

Cara kerja pembangkit listrik tenaga angin sederhana bisa dilakukan oleh siapapun, terlebih lagi bagi masyarakat atau pemerintah daerah yang lokasinya berada di pesisir pantai, karena di daerah pesisir ini banyak terdapat sumber angin. Meskipun belum banyak yang mengetahui manfaat tentang energi angin untuk pembangkit listrik, tetapi mulai sekarang Anda harus mengetahui dan mencobanya. Energi angin ini juga bisa disebutkan sebagai salah satu energi terbarukan yang bisa Anda manfaatkan untuk jangka waktu yang panjang. Dibandingkan dari sumber daya alam seperti air, minyak bumi, batubara, gas, serta bahan-bahan lainnya, hanya angin yang dapat selalu terbarukan. Sehingga untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya pemerintah juga mulai untuk mengoptimalisasi pembangkit listrik tenaga angin bagi terpenuhinya kebutuhan listrik setiap saat. Baca juga Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap.

Cara kerja pembangkit listrik tenaga angin sederhana memiliki banyak kelebihan jika bisa dikembangkan oleh orang-orang, namun kekurangannya yaitu belum banyak orang mengetahui manfaat terbesar dari energi angin ini sehingga pembangkit listrik tenaga angin belum banyak digunakan. Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Loading...