Cara Kerja Mesin Mobil Matic

By Categories : Tekno

Kecanggihan teknologi didukung dengan kecanggihan pada mesin kendaraan. Saat ini pengembangan mesin-mesin kendaraan berteknologi canggih bisa digunakan untuk mesin mobil Anda. Salah satunya mengenai cara kerja mesin mobil matic yang telah menggunakan teknologi canggih. Jika mobil yang biasa kita kenal memiliki beberapa gigi, dari mulai gigi satu hingga empat atau seperti mobil biasa pada umumnya. Namun berbeda dengan mobil matic yang hanya menggunakan gerakan menggeser ke depan dan ke belakang tiap kali akan menjalankan mesinnya. Sementara itu untuk cara kerjanya sendiri, mesin mobil ini memang dibuat lebih mudah.

Untuk sistem transmisinya dibuat menjadi lebih otomatis dan lebih mudah. Transmisi ini berarti suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan sisi belakang mesin serta mengirimkannya ke bagian roda. Sehingga dengan sekali gerakan yang tersedia di bagian pengemudi, maka mobil bisa langsung dapat dijalankan seperti yang ada pada motor matic.

Cara Kerja Mesin Mobil Matic

Kemudian kelebihan dari mobil dengan sistem matic ini, akan membuat kerja mesin menjadi lebi sederhana. Kerja mesin tidak terlalu berat sehingga membuat suara yang dihasilkan dari mobil matic ini pun menjadi lebih pelan. Tidak begitu keras seperti yang ada pada mesin diesel misalnya. Sehingga membuat Anda bisa merasa nyaman dalam berkendara. Untuk cara kerja mesin mobil matic ini memang digunakan sistem otomatis. Sebenarnya ada jeda antara mesin otomatis dengan roda di bagian belakang agar mobil bisa berjalan dengan cepat ketika pedal gas telah ditekan. Untuk itu mobil ini pun cocok digunakan bagi para pengemudi yang masih awal. Khususnya bagi pengemudi wanita yang lebih menginginkan kendaraan yang simple, namun bisa dijalankan dengan cepat.

Bagi para pengendara yang masih pemula, belajar dengan menggunakan mobil matic ini pun akan lebih cepat dalam belajar berkendara. Kemudahan untuk cara kerja mesin mobil matic ini pun ditambah dengan kemudahan mengganti gigi. Untuk perpindahan D1 ke D2 atau D3 Anda cukup menekan tombol yang sudah disediakan pada pengaturan gigi. Anda pun perlu tahu bahwa D1 biasa digunakan untuk jalan dengan kemiringan tanjakan yang tinggi. Jalan yang sangat menanjak sebaiknya gunakanlah D1 ini. Untuk jalan yang tidak terlalu tinggi tanjakannya gunakanlah D2. Sementara D3 untuk jalan yang hanya tanjakannya sedikit.

Meski untuk mobil matic banyak memiliki kelebihan karena kemudahannya serta mesinnya yang sederhana, namun mobil ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari mobil matic ini antara lain tidak bisa digunakan untuk jalanan yang sangat menanjak. Karena bisa beresiko mobil tidak akan kuat untuk menaiki tanjakan. Kemudian dalam hal kapasitas pun mobil matic tidak memiliki kapasitas yang memadai. Jadi kapasitas dalam mobil matic sangat terbatas. Baca juga Cara kerja mesin mobil injeksi.

Loading...