Cara Kerja Mesin 4 Tak pada Kendaraan

By Categories : Tekno

Secara umum mesin kendaraan bermotor dibedakan menjadi dua yakni mesin 4 tak dan mesin 2 tak. Keduanya memiliki perbedaan yang mendasar yakni untuk motor dengan mesin 4 tak tidak menimbulkan asap terlalu banyak melalui knalpot. Motor dengan teknologi 4 tak memiliki berbagai kelebihan salah satunya adalah lebih irit ketimbang mesin 2 tak. Selain itu motor 4 tak juga memiliki kelebihan lain seperti perawatan yang lebih murah dan lebih simpel. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara kerja mesin 4 tak, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Kerja Mesin 4 Tak pada Kendaraan Bermotor

Berikut Cara Kerja Mesin 4 Tak

Langkah Hisap

Pada sebuah mesin bermotor terdapat sebuah piston yang bergerak dari titik mati ke atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Pada langkah ini bahan bakar serta campuran udara akan dihisap ke dalam silinder . Setelah itu katup hisap akan terbuka sementara katup buang akan tertutup. Ketika piston bergerak ke bawah akan menyebabkan pada ruang silinder menjadi vakum. Masuknya campuran udara dengan bahan bakar minyak ke dalam piston disebabkan karena adanya tekanan udara dari luar (atmospheric pressure).

Langkah Kompresi

Ketika piston bergerak ke titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Pada langkah ini campuran udara dengan bahan bakar akan dikompresikan. Kemudian katup hisap dan katup buang akan tertutup. Ketika torak naik dari titik mati bawah ke titik mati atas campuran antara bahan bakar dan udara yang dihisap akan dikompresikan. Akibatnya adalah tekanan serta suhu akan menjadi naik, sehingga akan mudah terbakar. Baca Cara Kerja Mesin Mobil Injeksi

Langkah Usaha

Pada langkah usaha ini akan menghasilkan tenaga yang berguna untuk menggerakkan kendaraan. Piston akan bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah selama motor berjalan. Sesaat sebelum torak mencapai titik mati atas pada langkah kompresi, busi akan memberikan loncatan bunga api pada campuran bahan bakar serta udara yang sudah dikompresikan. Dengan adanya proses pembakaran, kekuatan pada tekanan gas pembakaran tinggi yang akan mendorong torak ke bawah. Pada langkah usaha ini menjadi tenaga mesin (engine power).

Langkah Buang

Dalam langkah ini piston masih bergerak dari titik bawah ke titik atas. Gas yang terbakar akan dibuang dari dalam silinder. Katub akan terbuka, piston bergerak dari titik bawah ke titik atas yang akan mendorong gas dari hasil pembakaran ke luar dari slinder. Ketika torak mencapai titik atas, akan memulai bergerak lagi untuk langkah persiapan selanjutnya yaitu langkah hisap.

Untuk langkah perawatan motor 4 tak memang lebih baik serta irit bahan bakar. Selain itu proses servis sebaiknya dilakukan secara berkala agar mesin kendaraan tetap bekerja maksimal dan nyaman ketika dikendarai. Untuk penggantian busi sebaiknya dilakukan setelah mencapai kurang lebih jarak 12.000 km. Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara kerja mesin 4 tak pada kendaraan. Baca Cara Kerja Mesin Mobil Matic

Loading...