Cara Kerja Mesin 2 Tak pada Kendaraan

By Categories : Tekno

Setelah pada pembahasan sebelumnya membahas mengenai cara kerja mesin 4 tak, pada pembahasan kali ini membahas mengenai cara kerja mesin 2 tak. Keduanya memiliki perbedaan yang mendasar mengenai sistem cara kerja. Untuk motor 2 memiliki ciri khas menggunakan oli samping serta mengeluarkan asap pada knalpot yang diiringi dengan suara nyaring.

Kehadiran motor 2 tak saat ini sudah banyak berkurang dibanding tahun lalu. Ini dikarenakan banyak produsen kendaraan bermotor yang mengurangi pasokan motor dengan teknologi 2 tak dengan mengalihkan produksi motor 4 tak yang dikenal lebih ramah lingkungan. Nah untuk mengetahui bagaimana saja cara kerja mesin 2 tak, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Kerja Mesin 2 Tak

Berikut Cara Kerja Mesin 2 Tak pada Kendaraan

Langkah Hisap dan Kompresi

Piston akan bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Dengan begitu ruang di bawah piston akan menjadi hampa udara atau vakum. Akibatnya adalah udara akan tercampur dengan bahan bakar yang terhisap masuk ke dalam ruang yang terletak di bawah piston. Sedangkan di bagian atas piston, terjadi langkah kompresi, yang membuat udara dan campuran bahan bakar yang berada di atas piston tekanan serta suhu menjadi naik. Ketika suhu 5 sampai 10 derajat sebelum titik mati atas (TMA), busi akan memercikkan bunga api. Sehingga membuat campuran udara dan bahan bakar akan naik temperaturnya serta tekanan menjadi terbakar. Dengan begitu proses pembakaran terjadi.

Langkah Usaha dan Buang

Kemudian hasil dari pembakaran tersebut akan membuat piston untuk bergerak ke bawah dan ke atas.Pada saat piston terdorong ke bawah, ruang yang ada di bawah piston menjadi dimampatkan atau dikompresikan. Dengan begitu campuran udara serta bahan bakar yang ada di ruang bawah piston akan terdesak keluar melalui saluran bilas. Sementara sisa dari hasil pembakaran akan terdorong keluar menuju knalpot.

Keterangan : Pada saat piston bergerak ke bawah, udara serta campuran bahan bakar yang terdapat pada ruang bawah piston tidak bisa keluar menuju saluran masuk. Ini disebabkan karena adanya reed valves.

Untuk proses perawatan memang motor 2 tak lebih ribet dibanding dengan motor 4 tak. Pasalnya motor 2 tak membutuhkan oli samping yang berguna sebagai pelumas untuk melancarkan kinerja dari setiap komponen seperti piston, setang seker, dll. Sehingga motor 2 tak membutuhkan dua jenis oli yakni oli samping dan oli mesin.

Untuk pengisian oli samping sebaiknya diberikan oli khusus untuk motor 2 tak yang sudah disesuaikan dengan kondisi mesin. Sebaiknya jangan terlalu sedikit dalam mengisi oli samping karena jika terlalu sedikit dapat menyebabkan mesin mengalami kepanasan atau overheat.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara kerja mesin 2 tak yang dapat Anda ketahui. Secara kinerja memang motor 2 tak lebih simpel dibanding dengan motor 4 tak, akan tetapi motor 2 tak memiliki kelemahan seperti cara perawatan yang cenderung lebih ribet dengan membutuhkan 2 jenis oli yakni oli mesin dan oli samping. Baca Cara Kerja Mesin Mobil Diesel

Loading...