Cara Kerja GPS (Global Positioning System)

By Categories : Internet

Di era teknologi yang semakin canggih keberadaan GPS (Global Positioning System) dibutuhkan oleh manusia untuk memudahkan dalam perjalanan. Terdapat berbagai macam aplikasi GPS yang dapat digunakan melalui smartphone dengan berbagai platforms. Dengan menggunakan aplikasi GPS pengguna terbantu ketika melakukan perjalanan ke suatu tempat. Pasalnya dengan GPS kemungkinan besar seseorang mengetahui lokasi macet, mengetahui jalan alternatif, mengetahui tempat SPBU paling dekat, dan banyak lagi. Lalu bagaimana cara kerja GPS (Global Positioning System)? Simak pada pembahasannya di bawah ini!

cara kerja gps

Berikut Cara Kerja GPS (Global Positioning System)

GPS atau Global Positioning System merupakan sistem yang berguna untuk mengetahui atau menentukan letak yang ada di permukaan bumi dengan menggunakan bantuan satelit. Sistem tersebut menggunakan sejumlah satelit (sejumlah 27 perangkat dengan 3 perangkat cadangan yang berguna ketika satelit lain tidak berfungsi) utnuk mengirimkan sinyal mikro ke permukaan bumi.

Sinyal miro yang dikirimkan oleh satelit kemudian akan diterima oleh perangkat GPS misal perangkat GPS pada Smartphone atau perangkat GPS pada mobil. Setelah diterima perangkat GPS di bumi akan diolah sehingga pengguna akan mendapatkan informasi suatu lokasi kecepatan, waktu, dan juga arah.

Cara kerja GPS ini pada dasarnya mempunyai cara kerja mirip dengan ponsel yang telah terhubung dengan operator yang digunakan. Ponsel mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi 2 arah dengan BTS. BTS sendiri merupakan Base Transceiver Station yakni elemen paling luar yang berhubungan dengan semua operator telekomunikasi yang bersangkutan.

Ketika Anda sedang pergi dari satu tempat ke tempat lain maka secara otomatis ponsel yang Anda gunakan akan menangkap sinyal dari BTS yang berbeda, akan tetapi masih dalam 1 operator telekomunikasi yang Anda gunakan. Sama halnya dengan cara kerja dari GPS, untuk mendapatkan lokasi dimana Anda berada, maka perangkat ponsel pintar yang didukung dengan kemampuan GPS harus mempunyai paling tidak 3 satelit yang terdapat di atas lokasi Anda berada.

Dengan begitu maka lokasi keberadaan Anda semakin tepat dengan adanya sinyal yang diberikan oleh satelit. Setelah ponsel Anda menangkap sinyal maka aplikasi GPS segera melakukan proses kemudian akan ditampilkan dalam bentuk informasi yang dimengerti penngguna. Dengan kemajuan teknologi hasil yang diberikan dilengkapi dengan gambar sehingga akan memudahkan pengguna.

Selain GPS terdapat juga fitur lain seperti A-GPS singkatan dari Assisted Global Positioning System. Fitur A-GPS memiliki perbedaan yakni A-GPS menggunakan bantuan dari operator telekomunikasi yang bertujuan untuk mempercepat pembacaan lokasi Anda berada. Dengan begitu maka informasi yang didapatkan menjadi lebih cepat dalam menentukan lokasi.

Menara BTS yang memancarkan sinyal mempunyai fitur GPS juga membantu menentukan lokasi Anda secara tepat. Akan tetapi A-GPS juga memiliki kekurangan seperti dikenakan biaya ketika mengaksesnya. Fitur ini dapat Anda non-aktifkan bagi Anda yang tak mau mengeluarkan biaya, dengan begitu Anda akan mengandalkan informasi dari satelit.

Demikianlah tadi penjelasan singkat mengenai bagaimana cara kerja GPS (Global Positioning System) dalam menentukan lokasi Anda serta lokasi yang akan Anda tuju.

Loading...