Cara Efektif Menggunakan Lampu LED Motor

By Categories : Tekno

Bagi pengendara sepeda motor, keamanan adalah hal yang paling diutumakan. Salah satu keamanan yang perlu diperhatikan adalah lampu penerangan. Lampu ini berfungsi untuk memberikan penerangan saat berkendara di malam hari. Salah satu cara yang digunakan untuk membuat pengemudi tetap aman adalah memastikan jika lampu dapat bekerja dengan baik. Cahaya yang dihasilkan dari lampu yang terpasang di sepeda motor juga akan berpengaruh terhadap keamanan Anda. Salah satu pilihan terbaik untuk penerangan adalah lampu LED motor.

lampu LED motor

LED (Light Emitting Diode) merupakan tipe dari bola lampu. Namun cara kerja LED berbeda dengan bola lampu biasanya. Umumnya kebanyakan lampu menggunakan filament atau gas, sedangkan lampu LED membuat cahaya menggunakan pergerakan electron di diode.  Pada dasarnya diode merupakan semikonduktor yang menghasilkan listrik.  Terdapat dua bagian dalam perangkat ini yaitu, semi konduktor yang mengisi electron dan semikonduktor sebagai penghasil muatan positif.

Tipe lampu LED motor

Kebanyakan orang berpikir jika untuk lampu depan sepeda motor adalah halogen atau HID. Kedua lampu ini dianggap mampu memberikan cahaya yang sangat terang. Padahal untuk pencahayaan yang terbaik adalah mengunakan lampu LED. Lampu LED motor tipe ideal untuk dipasang sebagai lampu depan atau belakang. LED berkapasitas 6 watt mempunyai daya penerangan sama dengan lampu halogen 35 watt dan dengan energi yang lebih sedikit.

Baca juga Cara Kerja Radiator Motor

Saat ini tren yang sedang populer adalah penambahan lampu aksen di sekitar bodi sepeda motor. Ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menambah style ke sepeda motor. Selain ikurannya yang kecil, lampu LED ini juga mengonsumsi sedikit energi. Lampu LED motor juga dapat menyala setiap mesin kendaraan Anda dihidupkan.

Keuntungan menggunakan lampu LED motor

Lampu LED sekarang menjadi jenis pencahayaan yang paling disukai. Ada beberapa keuntungan menggunakan lampu LED, yaitu:

  • Tahan lama

Salah satu keuntungan menggunakan lampu LED adalah mampu bertahan lebih lama dibandingkan lampu biasanya. Lampu umumnya mampu bertahan sekitar 8000-10.000 jam, sedangkan lampu LED dapat bertahan hingga 35.000-50.000 jam.

  • Hemat energi

Lampu LED motor hanya membutuhkan sedikit energi dibanding lampu halogen atau HID. Selain hemat energi, lampu LED juga mampu memberikan cahaya yang lebih terang pada arah yang ditargetkan.

  • Ringan

Panjang lampu LED sekitar 3 hingga 8 milimeter sehingga sangat cocok untuk sepeda motor. Berbeda dengan lampu pada umumnya yang memiliki ukuran yang lebih besar.

  • Hemat biaya

Walaupun lampu LED motor memiliki harga yang lebih mahal, namun untuk jangka waktu yang lama lampu LED akan jauh lebih hemat. LED dapat bertahan lama, ini berarti tidak perlu sering membeli lampu. Selain itu, lampu LED juga lebih hemat energi.

Baca juga Teknologi Combi Brake System pada Motor

Loading...