Cara Agar Android Tidak Lemot Saat Main Game

By Categories : Software

Bermain game menjadi salah satu cara untuk mendapatkan hiburan di waktu luang. Bermain game dapat dilakukan melalui game konsol, game PC, ataupun melalui ponsel pintar. Pada pembahasan kali ini membahas mengenai bermain game melalui perangkan mobile seperti Android. Ketika menggunakan ponsel Android untuk bermain game tidak selamanya lancar. Seiring dengan berjalannya waktu dan pengguna biasanya ponsel menjadi lambat dan tak jarang mengalami lag saat bermain game.

Cara Agar Android Tidak Lemot

Hal tersebut tentunya sangat mengganggu, apalagi jika sedang seru-serunya bermain game. Lag atau patah-patah saat bermain game sebenarnya terjadi akibat beberapa hal seperti banyaknya aplikasi yang diinstal di memori. Dengan banyaknya aplikasi yang diinstal tentunya akan memakan ruang RAM yang banyak juga. Selain itu juga akan menimbulkan cache yang merupakan file sampah setelah penggunaan. Nah untuk mengatasinya agar tidak lemot atau lag saat bermain, simak ulasannya di bawah ini.

Berikut Cara Agar Android Tidak Lemot saat Main Game

Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai
Cara agar Android tidak lemot saat main game yang pertama adalah dangan menghapus aplikasi lain yang jarang digunakan. Aplikasi yang jarang digunakan hanya membebani memori hp Android Anda. Oleh sebab itu jika terlalu lama tidak digunakan, sebaiknya hapus atau uninstall dari hp Android Anda. Untuk menghapus aplikasi tidaklah susah, cukup masuk ke pengaturan lalu menuju aplikasi dan hapus aplikasi yang telah Anda unduh namun jarang digunakan.

Perlu diingat ketika Anda akan menghapus aplikasi tersebut, pastikan terlebih dahulu tidak ada hal penting di dalamnya. Jika Anda membutuhkan aplikasi di kemudian hari, Anda langsung dapat mengunduhnya lagi melalui Playstore.

Membersihkan Cache
Cara agar Android tidak lemot berikutnya adalah membersihkan cache. Menumpuknya cache pada memori hp Android juga menjadi masalah ketika bermain game menjadi lag. Selain itu cache yang menumpuk juga akan membuat Android menjadi lambat. Hampir semua aplikasi akan menyebabkan cache setelah digunakan. Oleh karena itu Anda perlu membersihkan cache pada hp Android Anda. Untuk membersihkannya Anda dapat langsung masuk pengaturam lalu apps dan buka salah satu aplikasi untuk dibersihkan file cache.

Selain itu Anda juga bisa masuk ke pengaturan lalu penyimpanan dan pilih hapus cache. Untuk cara ini akan menghapus semua file cache pada hp Android Anda. Kedua cara di atas juga bisa dikombinasikan dengan menggunakan aplikasi pembersih Android yang banyak tersedia di Playstore.

Menghapus File yang Kurang Penting
Jika pada poin yang pertama menghapus aplikasi yang jarang dipakai, untuk poin Anda perlu menghapus file yang kurang penting di hp Android Anda. Menghapus file kurang penting sama halnya dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Hal ini sama-sama menambah ruang kosong agar tidak terlalu penuh. Untuk menemukan file-file yang kurang penting Anda dapat masuk manajer file atau menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer.

Nah itulah tadi beberapa cara agar Android tidak lemot ketika Anda bermain game.

Loading...