Beginilah Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

By Categories : Tekno

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan dari mana listrik itu berasal, yang Anda ketahui hanya pasokan listrik yang melimpah ditempat Anda tinggal, walaupun sebenarnya di daerah lain di Indonesia masih kerap kali terjadi pemadaman listrik, bahkan ada daerah yang belum teraliri listrik sama sekali. Saat ini manusia masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai sumber energi utamanya, padahal menurut perkiraan pada akhir abad ini cadangan minyak diseluruh dunia akan habis. Itu artinya manusia harus terus berinovasi untuk mencari sumber daya yang lainnya.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Manusia telah beberapa kali melakukan pergantian sumber daya seperti dari kayu bakar ke batubara, dari batubara ke minyak, dan dari minyak ke gas. Semua pergantian tersebut pada intinya dikarenakan sumber energi terbarukan pada masanya jauh lebih bersih, hemat, efisien. Saat ini sudah dikembangkan dan sudah mulai dimanfaatkan sumber energi terbarukan yaitu energi matahari. Artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja pembangkit listrik tenaga surya. Salah satu sumber energi terbarukan yang tidak akan pernah habis ialah energi panas dari matahari. Menggunakan energi terbarukan dari tenaga surya jauh lebih hemat, lebih efisien, lebih murah, dan tanpa polusi. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan sumber energi tidak perlu mengeluarkan biaya, beda halnya dengan minyak bumi, perusahaan harus menggali, mengebor dan melakukan survey agar bisa mendapatkan minyak bumi.

Energi terbarukan dari tenaga surya sendiri sudah mulai diaplikasikan di Indonesia, walaupun belum dalam kapasitas yang besar, namun untuk hal-hal kecil sudah mulai diaplikasikan seperti lampu jalan, lampu emergency, lampu lalu lintas, kendaraan bermotor roda empat dan lain sebagainya. Berbeda dengan negara lain yang sudah menjadikan panas matahari sebagi pembangkit listrik sekala besar. Sebenarnya cara kerja pembangkit listrik tenaga surya ini cukup simple, komponen utama dari pembangkit listrik ini selain panas matahari ialah sel foltovotaik. Sel ini berfungsi untuk menangkap panas matahari, untuk kemudian diubah menjadi energi listrik. Pembangkit listrik ini diklaim paling ramah lingkungan dan paling murah, karena hampir tidak mengeluarkan polusi atau limbah lainnya.

Sebenarnya cara kerja pembangkit listrik tenaga surya cukup sederhana. Pembangkit listrik tenaga matahari menghasilkan listrik tidak langsung, dimana panas dari cahaya matahari akan ditangkap oleh sel-sel foltovotaik lalu panas matahari tersebut digunakan untuk memanaskan cairan yang selanjutnya menjadi uap yang dihasilkan akan dipanaskan oleh sebuah generator yang menghasilkan listrik. Prinsip ini hampir sama dengan cara kerja pembakaran bahan bakar fosil dalam pengolahannya, bedanya uap yang dihasilkan bukan dari pembakaran minyak fosil, melainkan dari cahaya matahari. Demikian pembahasan dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat. Baca juga Cara kerja sel surya.

Loading...