Bahaya Main Laptop Tanpa Baterai

By Categories : Hardware

Di jaman modern ini laptop menjadi barang penting untuk membantu pekerjaan manusia. Dengan adanya laptop pekerjaan manusia lebih mudah, semisal saja laptop dapat membantu pekerjaan kantor, laptop dapat digunakan sebagai sumber mencari informasi dengan menggunakan internet, dan banyak lagi. Laptop lebih fleksibel ketimbang PC yang tak bisa dibawa ke mana-mana. Oleh sebab itu laptop cocok untuk mendukung segala aktivitas pekerjaan.

Dengan kemudahannya tersebut pada laptop tentu tak luput dengan berbagai masalah yang terkadang banyak menghampiri. Salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna laptop adalah permasalahan baterai yang cepat habis. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan beberapa cara merawat baterai yang baik dan benar.

Bahaya Main Laptop Tanpa Baterai

Terdapat berbagai pendapat yang muncul dikalangan pengguna laptop seperti penggunaan laptop sambil mengisi daya dapat membuat baterai cepat drop dan rusak. Tetapi ada pula pendapat lain yakni jika bermain laptop tanpa menggunakan baterai dan langsung dari listrik dapat merusak komponen baterai.

Kedua hal tersebut sebenarnya tidak salah, namun perlu Anda ketahui bahwa bermain laptop tanpa menggunakan baterai atau langsung dari aliran listrik justru berakibat fatal. Nah untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai apa saja bahaya main laptop tanpa baterai, silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Bahaya Main Laptop Tanpa Baterai

Ketika menghidupkan laptop tanpa adanya baterai, maka aliran listrik akan menuju komponen hardware laptop tanpa adanya penyesuaian arus yang menyebabkan hardware menerima tegangan yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen hardware. Baterai pada laptop berguna untuk menyesuaikan arus yang masuk ke dalam laptop agar tidak terlalu tinggi dan berlebihan.

Selain itu baterai juga menyimpan daya bisa digunakan ketika sudah penuh yang membuat laptop tetap dapat digunakan selama baterai belum habis. Di samping itu baterai pada laptop juga sangat membantu ketika lampu tiba-tiba mati yang membuat laptop tidak langsung mati. Berbeda dengan laptop yang tidak menggunakan baterai, ketika listrik tiba-tiba mati maka laptop juga akan mati secara tiba-tiba.

Hal tersebut dapat menyebabkan merusak komponen pada bagian hardware seperti harddrive yang dapat menyebabkan terjadinya bad sektor serta kemungkinan RAM dan juga prosesor mengalami kerusakan. Arus listrik memang tidak menentu kadang tinggi dan kadang rendah, oleh sebab itu baterai pada laptop akan berfungsi untuk menstabilkan listrik tersebut ketika masuk ke dalam laptop.

Yang terjadi ketika hardware mulai rusak biasanya ditandai dengan laptop cepat hang dan lemot. Dengen mengetahui bahaya main laptop tanpa baterai, alangkah baiknya jika memasang baterai pada saat menggunakan. Perlu Anda ketahui juga sebaiknya menghindari pengisian daya semalaman penuh. Hal ini sangat berguna untuk menjaga agar baterai tidak cepat rusak akibat dari pengisan daya yang berlebihan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa bahaya main laptop tanpa baterai yang perlu Anda ketahui. Kesimpulannya adalah memasang baterai lebih baik ketimbang tidak memasang baterai mengingat resiko yang ditimbulkan laptop tanpa baterai dengan aliran listrik langsung bisa menyebabkan kerusakan hardware dengan biaya penggantian yang lebih mahal ketimbang baterai laptop. Baca Juga Cara Mengembalikan Data di Flashdisk yang Terhapus

Loading...