Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia

By Categories : Internet

Dalam dunia Teknologi Informasi terdapat banyak sekali macam bahasa pemrograman. Bagi para programmer handal tentunya wajib menguasai beberapa atau salah satu jenis bahwa pemrograman guna memenuhi tuntutan pekerjaan. Sampai sekarang ini sudah banyak sekali macam bahasa pemrograman dengan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Nah pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas mengenai apa saja bahasa pemrograman paling populer di dunia sampai saat ini, silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia

Berikut Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia

Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia sampai saat ini. Pada awalnya Java dikembangkan sekitar tahun 1992 pada proyek yang bernama Green dengan pemimpinnya Patrick Naughton dan James Gosling ketika masih di Sun Microsystem. Saat ini bahasa pemrograman yang satu ini telah resmi dimiliki perusahaan yang bernama Oracle setelah Sun Microsystem. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop, web, sampai dengan mobile. Adapun bahasa pemrograman yang satu ini juga sangat populer di kalangan para developer Android. Ini dikarenakan rata-rata pengembang pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini.

PHP

PHP atau singkatan dari Hypertext Propocesor merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di dunia berikutnya. Adapun bahasa pemrograman yang satu ini dikembangkan pada tahun 1994 silam oleh Rasmus Lerdorf. Adapun bahasa pemrograman yang satu ini sangat populer untuk digunakan dalam mengembangkan website dinamis, dikarenakan teknologi server side scripting.

Dengan menggunakan teknologi tersebut membuat skrip dikompilasi atau juga diterjemahkan pada server, sehingga sangat memungkinkan dalam menghasilkan halaman web yang lebih dinamis. Di samping kelebihannya tersebut, salah satu bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan dalam membuat CMS. Adapun beberapa CMS yang terkenal dengan menggunakan PHP adalah Joomla dan juga WordPress.

Python

Bahasa pemrograman paling populer di dunia selanjutnya adalah Python. Bahasa pemrograman yang satu ini juga populer karena bertenaga dan juga mudah untuk dipelajari. Python sendiri pada awalnya dirancang pada tahun 1991 silam oleh Guido Van Rossum. Python sendiri memiliki berbagai macam keunikan dibanding bahasa pemrograman lainnya. Bahasa pemrograman yang satu ini mempunyai kemampuan yang mempunyai kapabilitas, kode yang jelas, dan juga fungsionalitas. Dapat dibilang bahwa sintaks dari Python bisa dengan mudah untuk dipelajari. Adapun perusahaan besar yang masih menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini adalah Google.

C#

Bagi para pengembang aplikasi yang menggunakan Microsoft Visual Studio tentunya sudah sangat tidak asing dengan bahasa pemrograman yang satu ini yakni C#. Adapun C# ini dikembangkan oleh Microsoft serta menggunakan gabungan prinsip dari C dan juga C++. Bahasa pemrograman C# ini sangat terkenal untuk pengembangan dari berbagai masam game pada game engine yang sangat populer diantaranya seperti Unity. Selain itu C# sendiri juga sangat populer guna pengembangan aplikasi dengan basis Windows atau juga Windows Phone. Selain itu para developer juga memungkinkan bisa mengembangkan aplikasi pada Windows, iOS, dan juga Android dengan menggunakan C#.

C++

Untuk bahasa pemrograman yang satu ini dikembangkan pada tahun 1980 silam oleh Bjarne Stroust yang merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman berbasis C. Adapun perbedaaan yang mendasar antara bahasa C++ dan juga bahasa C adalah dukungan pada konsep pemrograman berorentiasi objek. Para developer dengan menggunakan C++ bisa mengembangkan berbagai macam perangkat lunak diantaranya seperti aplikasi berbasis desktop dan juga banyak game. Di Tanah Air sendiri bahasa C++ dipelajari di berbagai Universitas di Indonesia.

Java Script

Selanjutnya adalah Java Script yang juga sangat populer di dunia. Bahasa pemrograman yang satu ini juga banyak digunakan untuk berbagai hal pengembangan website karena bisa membuat web menjadi lebih interaktif dan juga lebih menarik. Dengan berjalannya zaman, saat ini banyak tool dan juga framework yang bisa membantu para pengembang untuk mengembangkan aplikasi berbasis web serta mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman ini.

C

Untuk bahasa pemrograman C sampai saat ini juga masih banyak dipelajari di berbagai Universitas di Indonesia. Pada tahun 1970 an silam, bahasa pemrograman C ini dikembangkan oleh Dennis Ritchie. Sampai saat ini bahasa pemrograman C ini banyak digunakan untuk berbagai hal seperti keperluan memprogram jaringan komputer dan juga sistem. Selain itu banyak pula para pengembang yang juga menggunakannya untuk melakukan pengembangan banyak aplikasi. Bahasa pemrograman seperti C++ dan juga C# merupakan turunan dari bahasa pemrograman yang satu ini.

Masih banyak lagi bahasa pemrograman lainnya yang juga tak kalah populer diantaranya seperti Objective-C, R, Matlab, Ruby, Erlang, Rust, Bash, Dart, ABAP, Scratch, dan masih banyak lagi. Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa bahasa pemrograman paling populer di dunia.

Loading...