Bagian-Bagian Motherboard Komputer dan Fungsinya

By Categories : Hardware

Motherboard atau sering disebut mainboard merupakan sebuah papan sirkuit sebagai tempat dari semua perangkat keras pada komputer untuk saling terhubung. Motherboard adalah pusat penghubung antar perangkat keras komputer. Berbicara tentang motherboard, masih banyak orang yang belum memahami bagian dan fungsi dari komponen yang terdapat pada motherboard tersebut. Apalagi bagi mereka yang awan dan sangat jarang berurusan dengan hardware.

bagian-bagian motherboard

Setiap motherboard memiliki bentuk dan susunan yang berbeda. Namun jangan sampai karena hal tersebut jadi alasan Anda untuk tidak mengetahui bagian-bagian motherboard. Untuk itu, simak ulasan berikut yang akan menjelaskan bagian dari motherboard pad akomputer.

Bagian-bagian komponen motherboard beserta fungsinya

  1. Socket Prosessor/CPU Socket

Ini merupakan tempat prosessor terpasang. Jika dilihat, area socket dari prosessor tersebit dikelilingi oleh empat lubang sebagai penyangga Heatsink Fun. Ini berguna sebagai penghantar panas saat prosesor bekerja. Dalam memilih motherboard seharusnya harus mempertimbangkan jenis socket prosessor yang terpasang. Ini karena tidak semua socket bisa dipasang oleh semua prosessor.

  1. Slot Memory

Bagian motherboard lainnya adalah slot memory. Dilihat secara fisik bentuknya memanjang yang disesuaikan dengan panjang RAM. Umumnya slot memory berada disebelah socket posessor dan memiliki jumlah lebih dari satu. Perlu Anda ingat jika setiap jenis RAM (DDR1, DDR2, DDR3) memiliki janis slot sendiri, sehingga Anda jangan sembarangan saat membeli RAM.

  1. Slot IDE dan Slot SATA

Bagian-bagian motherboard selanjutnya adalah slot IDE dan SATA. Kedua slot ini memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai penghubung harddisk ke motherboard. Slot IDE memiliki bentuk yang lebih panjang dibandingkan slot SATA.

  1. BIOS

BIOS merupakan chip yang berfungsi untuk pengontrol perangkat keras pada sebuah komputer. BIOS bertugas atas kesiapan komputer saat melakukan booting dan mengecek perangkat keras yang terpasang pada komputer.

  1. Battery CMOS

Battery CMOS merupakan salah satu bagian-bagian motherboard komputer yang penting untuk diperhatikan. Komponen ini digunakan untuk memberi daya pada BIOS dan untuk menyimpan semua settingan pada BIOS. Bentuknya cukup kecil hampir seukuran battery jam tangan.

  1. Power Connerctor

Connector juga tidak kalah penting dengan komponen motherboard lainnya. Connector bertugas sebagai penghubung motherboard dengan power supply agar motherboar dapat mendapatkan aliran listrik. Power connector biasanya berjumlah 20 hingga 24 pin.

  1. I/O Ports

Ini merupakan bagian dari motherboard yang dapat digunakan di luar casing. I/O merupakan kupulan ports sebagai input ataupaun output data pada komputer. Komponen ini terdiri dari VGA, USB, LAN, SERIAL, PS/2.

Setelah mengetahui bagian-bagian motherboard komputer, Anda juga harus mengetahui berbagai macam jenis matherboard itu sendiri. Jenis-jenis motherboard pada umumnya dibedakan berdasarkan ukuran dari motherboard itu sendiri. Dan perlu Anda ketahui jika tidak semua komputer membutuhkan ukuran motherboard yang sama. Berikut beberapa jenis motherboard yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Motherboard

  • Motherboard AT / AT Baby

Jenis motherboard yang pertama adalah jenis AT atau sering disebut dengan AT Baby. Ini merupakan salah satu jenis motherboard klasik yang hampir sudah tidak digunakan pada saat ini. Motherboard ini dikembangkan untuk mendukung penggunaan processor Pentium 2 sebelum tahun 90-an. Motherboard ini masih banyak kekurangan, antara lain mudah panas dan memiliki ukuran yang cukup besar.

  • Motherboard ATX

Jenis motherboard yang kedua adalah ATX. Motherboard ini merupakan kepedekan dari Advance Technology Extended. Ini merupakan pengembangan daru motherboard sebelumnya, yakni AT / AT Baby yang banyak kekurangannya. Motjerboard AtX merupakan jenis motherboard yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

  • Motherboard BTX

Jenis motherboard yang ketiga adalah BTX. Motherboard ini merupakan kependekan dari Balanced Technology Extended. BTX menawarkan keseimbangan dalam penggunaan sebuah sistem komputer. keseimbangan dari penyusunan komputer ini terlihat dari keunggulan BTX dari segi pengaturan suhu. BTX mampu mengoptimalkan sirkulasi udara pada komputer dan mampu melakukan pengendalian panas.

  • Motherboard ITX

Jika pada motherboard ATX dan BTX memiliki ukuran yang besar, takni antara 300 mm hingga 200 mm, maka berbeda dengan jenis motherboard ITX. Motherboard jenis ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Information Technology Extended atau ITX didukung oleh Via yang memiliki factor di level kecil. Hal ini sangat pas dan cocok untuk motherboard mini PC atau PC tablet dengan ukuran yang kecil.

Motherboard merupakan salah komponen komputer yang tidak mudah mengalami kerusakan. Namun demikian, jika terjadi kesalahan saat menjaga dan merawatnya maka akan menyebabkan berbagai macam kerusakan pada motherboard. Untuk itu gunakan PC dengan baik agar motherboard tidak mudah mengalami kerusakan. Untuk menghindari kerusakan pada motherboard Anda jangan paksakan kondisi komputer Anda mengalami overheating atau kepanasa. Hal ini dapat menyebabkan IC atau komponen pada komputer lainnya mengalami kerusakan dari motherboard.

Loading...