Aplikasi yang Wajib untuk Laptop atau PC Perlu Diinstal

By Categories : Software

Sebagai pengguna perangkat laptop ataupun PC perlu namanya menginstal aplikasi untuk mendukung penggunaan. Terdapat banyak aplikasi yang wajib untuk laptop atau PC yang perlu diinstal, meskipun terdapat beberapa aplikasi lain yang disesuaikan dengan kebutuhan. Aplikasi wajib tersebut perlu diinstal menginat fungsi yang dimiliki dibutuhkan bagi pengguna laptop maupun PC. Nah lalu aplikasi apa saja yang perlu diinstal saat menggunakan Laptop atau PC baru? Yuk ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Aplikasi yang Wajib untuk Laptop

Berikut Aplikasi Wajib Laptop/PC yang Perlu Diinstal

Antivirus

Aplikasi yang wajib untuk laptop/PC perlu diinstal adalah antivirus. Aplikasi antivirus sangat perlu untuk diinstal mengingat fungsinya untuk mencegah virus komputer atau malware dan sejenisnya masuk ke dalam perangkat yang Anda gunakan. Ketika virus berhasil masuk dan menginfeksi terdapat berbagai masalah yang ditimbulkan seperti kinerja terasa lemot, file tak bisa dibuka, sampai dengan perangkat sering restart sendiri. Saat ini terdapat banyak macam aplikasi antivirus yang bisa digunakan seperi Microsoft Security Essential, Avira, dan Eset NOD.

Browser

Aplikasi browser juga berperan penting guna mendukung penggunaan yakni dalam hal akses internet. Tanpa aplikasi browser pengguna tak bisa mengakses internet. Ketika menggunakan laptop atau PC yang telah diinstal Sistem Operasi, terdapat aplikasi browser bawaan. Jika ingin mencoba aplikasi browser bawaan dapat mengunduh langsung melalui situs resminya. Aplikasi browser lainnya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Mini, dan banyak lagi.

Aplikasi Maintenance

Aplikasi yang wajib diinstal di laptop/PC berikutnya adalah aplikasi maintenance. Aplikasi maintenance berfungsi untuk merawat laptop atau PC yang Anda gunakan dari dalam dengan menggunakan sistem aplikasi. Adapun aplikasi maintenance yang Anda gunakan adalah Ccleaner. Terdapat banyak fitur di dalam Ccleaner seperti pembersihan cache setelah penggunaan, Registry, sampai dengan uninstall aplikasi dengan melalui Ccleaner. Selain Ccleaner, Anda juga bisa menggunakan aplikasi bawaan untuk defrag harddisk yakni defragment and Optimize Drives bagi pengguna Windows.

Flash Player

Berikutnya adalah flash player. Aplikasi flash player ini sangat berguna untuk mendukung penggunaan video streaming di youtube yang menggunakan format flash serta ketika melakukan selancar di internet.

WinRAR

Aplikasi WinRAR juga wajib untuk diinstal. Dengan adanya aplikasi ini pengguna dapat menggabungkan beberapa file yang biasanya dikirim melalu email. Dengan gabungan menjadi satu arsip, ukuran file tersebut menjadi lebih kecil. Untuk menggunakannya kembali pengguna tinggal perlu mengekstrak isi dari WinRAR tersebut.

Aplikasi Office

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi office. Untuk mengerjakan berbagai dokumen, pengguna perlu menggunakan aplikasi Office yang berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, ataupun Microsoft Power Point. Semua aplikasi tersebut dalam satu paket aplikasi Office yang dikembangkan oleh Microsoft.

Nah itulah tadi beberapa aplikasi yang wajib diinstal untuk laptop/PC, untuk aplikasi lainnya yang juga perlu diinstal seperti aplikasi multimedia player guna menonton video dan mendengarkan musik.

Loading...