Aplikasi Virtual Machine Terbaik

By Categories : Software

Virtual machine dapat disebut sebagai mesin maya atau juga bayangan mesin. Virtual machine ini dapat memungkinkan Anda sebagai pengguna dapat menjalankan sistem operasi lain di atas OS asli Anda. Misalnya Anda pengguna sistem operasi Windows yang ingin mencoba os Linux untuk mengetahui fitur di dalamnya dengan aplikasi virtual machine ini. Selain itu Anda dapat mencoba berbagai sistem operasi lain tanpa membahayakan sistem operasi asli di komputer atau laptop. Lalu pertanyaannya aplikasi virtual apa saja yang dapat digunakan? Agar lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini!

Aplikasi Virtual Machine Terbaik

Virtual Box

Virtual Box

Virtual Box merupakan salah satu aplikasi virtual machine yang bersifat open source alias gratis. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di situs penyedia software di internet. Vitual box sekarang ini dapat dijalankan pada prosesor AMD atau Intel. Anda dapat menggunakan aplikasi ini pada sistem operasi Windows, Mac, Linux. Aplikasi ini sering dikembangkan untuk menghasilkan kepuasan para pengguna, adapun perusahaan yang mengembangkan adalah oracle. Fitur yang dimiliki oleh virtual box diantaranya seperti support 64 bit, grafis 3D, driver khusus, serta penggunaan os secara virtual.

VM Ware

VM Ware

Aplikasi VM Ware di ciptakan di California, Amerika Serikat pada tahun 2004 lalu. Seperti halnya dengan vitual box, vm ware merupakan aplikasi yang support pada beberapa os seperti Windows, Linux, dan juga OSx. Fitur yang disediakan aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi di atas, namun interface atautatap muka aplikasi ini tidak semewah apa yang ada pada virtual box. Aplikasi vm ware tersedia gratis dan juga untuk berbayar yaitu vm ware player untuk versi gratis, sedangkan untuk level perusahaan dapat menggunakan vm ware workstation yang bersifat premium alias berbayar. Baca Juga Artikel Game HD Android Terbaik

Parallels

Parallels

Parallels diciptakan hanya untuk OS Mac, namun Anda tidak perlu khawatir bagi yang ingin mencobanya karena aplikasi ini juga telah meluncurkan untuk versi para pengguna Windows. Aplikasi yang ditujukan untuk pengguna Windows adalah workstations. Ini merupakan salah satu solusi dari parallels yang memiliki lisensi gratis, sehingga dapat digunakan tanpa perlu mencari lisensi. Pada dasarnya aplikasi parallels ini dimaksudkan untuk pengguna Mac yang ingin mencoba sistem operasi Windows, Linux, di komputer Mac.

Qemu

Qemu

Tidak hanya Mac saja yang memiliki aplikasi khusus, begitu pula dengan pengguna Linux. Bagi para pengguna setia Linux menggunakan Qemu merupakan alternative solusi dalam menjalankan virtual machine di laptop atau komputer. Qemu ini diciptakan dengan menggunakan Kernel-based Virtual Machine. Sehingga dapat memiliki banyak manfaat untuk mempelajari sistem operasi yang lain.

Windows Virtual PC

Windows Virtual PC

Windows menyediakan virtual PC secara Cuma-Cuma atau gratis untuk versi Windows. Hal ini bertujuan para pengguna Windows dapat menjalankan versi Windows dengan versi sebelumnya. Nah Bagi Anda yang mengalami kesulitan pada program yang tidak bisa dijalankan pada komputer atu laptop, Anda dapat mencoba aplikasi ini untuk menjalankan versi Windows sebelumnya.

Itulah pembahasan mengenai Aplikasi Virtual Machine terbaik yang patut Anda coba di laptop atau komputer Anda tanpa perlu khawatir adanya kerusakan pada sistem operasi asli yang digunakan. Baca juga artikel Spesifikasi oppo N3

Loading...