Aplikasi Perekam Layar PC untuk Windows

By Categories : Software

Aplikasi perekam layar sangat dibutuhkan apabila Anda sedang membuat sebuah tutorial entah itu pada PC maupun smartphone. Setelah pada pembahasan sebelumnya membahas mengenai beberapa aplikasi perekam layar di Android, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai aplikasi perekam layar PC untuk Windows. Bagi Anda yang sedang membuat sebuah tutorial melalui PC entah itu tutorial bermain game, cara membuat presentasi yang baik, ataupun tutorial lainnya tentunya akan membutuhkan aplikasi pendukung.

Aplikasi Perekam Layar PC untuk Windows

Beberapa aplikasi di bawah ini memang dirancang khusus guna merekam suatu kegiatan melalui PC maupun laptop dengan sistem operasi Windows. Adapun beberapa fitur yang harus diperhatikan seperti format video yang mendukung, kualitas suara yang dihasilkan, serta kualitas video. Nah langsung saja, untuk mengetahui apa saja aplikasi perekam layar PC untuk Windows simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Daftar Aplikasi Perekam Layar PC untuk Windows

Action

Aplikasi perekam layar PC terbaik yang pertama pada pembahasan ini adalah Action. Aplikasi yang satu ini mempunyai berbagai macam keunggulan di dalamnya seperti dapat melakukan streaming secara real-time serta dapat merekam video dengan lancar serta memiliki resolusi HD. Tak hanya itu saja aplikasi Action memiliki berbagai macam fitur pendukung seperti untuk keperluan merekam video, suara, serta dapat digunakan untuk capture gambar atau screenshoot yang tentunya akan sangat cocok untuk menangkap gambar yang akan digunakan untuk tutorial.

Perlu Anda ketahui sebelum Anda merekam layar pada monitor, Anda bisa mengatur terlebih dahulu resolusi video sampai dengan kualitas 1080 piksel. Adapun fitur lain yang dimiliki oleh Action Adalah Anda bisa memilih langsung menu guna merekam layar penuh serta bisa juga digunakan dalam merekam sebagian layar pada monitor. Sedangkan untuk format yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah MP4 dan juga AVI.

Open Broadcaster Software

Tak kalah dengan aplikasi di atas, Open Broadcaster Software juga memiliki berbagai macam kelebihan dan fitur di dalamnya. Open Broadcaster Software bersifat open source, sehingga Anda tak hanya bisa menggunakan di platform Windows saja, melainkan uga platform lainnya seperti Linux, atau juga OSX. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda bisa menggunakannya untuk keperuan seperti merekam video, membuat tutorial, dan banyak lagi.

Open Broadcaster Software memiliki antar muka yang sederhana namun mempunyai banyak fitur. Selain bisa melakukan perekaman, Anda sebagai pengguna juga bisa memodifikasi langsung dengan mengatur area pada seleksi rekaman dan juga bisa menambahkan gambar atau text. Anda bisa menyimpan hasil perekaman dengan bentuk format MP4 dan juga FLV.

XSplit Gamecaster

Aplikasi perekam layar PC selanjutnya adalah XSplit Gamecaster yang juga didukung dengan fitur streaming. Aplikasi XSplit Gamecaster dapat membantu dalam menayangkan video saat Anda sedang bermain game dengan kinerjanya yang lancar dan stabil. Anda bisa melakkan perekaman dengan hanya menekan satu tombol saja. Yang menarik lagi XSplit Gamecaster memiliki tampilan sederhana serta dapat melakukan konfigurasi pengaturan yang sesuai dengan laptop atau PC yang Anda gunakan.

Dxtory

Selanjutnya Dxtory yang merupakan aplikasi perekam layar yang memiliki kinerja ringan serta antarmuka yang sederhana. Sama seperti aplikasi-aplikasi di atas dengan Dxtory dapat melakukan perekaman dengan kualitas video yang bagus yang disesuaikan dengan kemampuan PC atau laptop yang Anda gunakan. Selain itu untuk pengaturan audio juga berkualitas dan dapat merekam dua suara sekaligus secara bersamaan. Sebagai contoh suara pada game dan suara Anda yang selanjutnya bisa diedit secara terpisah. Bagaimana menarik bukan?

VM Capture

VM Capture mempunyai kelebihan yang bisa dengan mudah dalam membantu Anda melakukan perekaman video pada layar PC atau laptop Anda. VM Capture mempunyai fitur yang disebut dengan Schedule Recording. Dengan adanya fitur tersebut Anda dapat melakukan penjadwalan kapan layar pada PC atau laptop Anda memulai untuk rekaman. Jadi Anda dapat mengatur supaya aplikasi bisa berjalan secara otomatis, sehingga bisa merekam secara lancar ketika Anda sedang tidak menontonnya. Adapun hasil file yang bisa disimpan pada bentuk MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO, dan banyak lagi.

Windows 10 Game Bar

Utuk Anda pengguna sistem operasi Windows 10 maka Anda bisa menggunakan Windows 10 Game Bar. Aplikasi ini juga memberikan dukungan perekaman layar dengan mudah. Salah satu kelebuhan yang dimiliki Windows 10 Game Bar adalah hasil dari perekaman tidak terlalu besar. Meski ukuran tidak terlalu besar, akan tetapi hasil yang didapatkan berkualitas.

Shadow Play

Aplikasi terakhir dalam pembahasan ini adalah Shadow Play. Aplikasi ini digunakan untuk PC dengan OS Windows yang menggunakan grafis GPU GeForce besutan Nvidia. Shadow Play mempunyai kemampuan dalam merekam sampai dengan 20 menit ke belakang. Untuk hasil yang didapatkan dalam bentuk format MP4 serta menggunakan codec H.264.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai daftar aplikasi perekam layar PC untuk Windows yang bisa Anda coba gunakan.

Loading...