Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar Android

By Categories : Software

Dengan kemajuan teknologi membuat perangkat smartphone menjadi andalan banyak orang. Ini dikarenakan perangkat pintar tersebut tak hanya bisa digunakan untuk keperluan komunikasi saja, melainkan banyak hal seperti bermain game, akses internet, menonton video, mendengarkan musik, membantu pekerjaan, dan banyak lagi. Android menjadi salah satu platform yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Ini dikarenakan sistem operasi besutan Google tersebut diusung banyak vendor terkenal. Tiap vendor terus melakukan berbagai macam inovasi untuk dapat bersaing satu sama lain guna menarik calon konsumen di pasaran. Selain itu perangkat Android juga memiliki kelebihan lain yakni didukung dengan banyaknya aplikasi dari para developer handal yang tersedia di Play Store.

Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar Android

Salah satu aplikasi yang cukup berguna untuk para pengguna adalah aplikasi pengatur kecerahan layar. Sebenarnya untuk mengatur tingkat kecerahan layar dapat dilakukan secara manual. Namun tak ada salahnya apabila Anda mencoba menggunakan aplikasi tersebut. Perlu diketahui pancaran layar yang terlalu cerah tentunya tidak baik bagi kesehatan mata. Nah untuk mengetahui apa saja aplikasi tersebut, langsung saja simak pada ulasannya berikut ini!

Berikut Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar di Android

Night Shift: Blue Light Filter

Night Shift: Blue Light Filter merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Digital Diet Technologies yang masuk ke dalam kategori Health and Fitness. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi filter layar yang dapat membantu dalam mengontrol cahaya biru yang dipancarkan oleh layar perangkat smartphone yang Anda gunakan.

Dengan menggunakan Night Shift: Blue Light Filter, Anda bisa membantu mengatur intensitas filter untuk siang dan juga malam hari guna diaktifkan. Sampai saat ini Night Shift: Blue Light Filter memiliki rating sebanyak 4.1 dari 5 bintang serta telah diinstal sampai dengan 100 ribu pengguna melalui Play Store. Untuk menggunakan aplikasi ini membutuhkan sistem operasi minimal 2.3 atau di atasnya.

Twilight

Aplikasi pengatur kecerahan layar selanjutnya adalah Twilight yang dikembangkan oleh Urbandroid Team yang juga merupakan Top Developer di Play Store. Aplikasi ini selain tersedia gratis juga tersedia versi pro dengan memiliki fitur lebih lengkap yang dibandrol dengan harga. Dengan menggunakan apliaksi ini sangat memungkinkan tampilan pada layar perangkat Anda beradaptasi dengan waktu yang berjalan.

Ketika pada malam hari, aplikasi ini akan menurunkan tingkat intensitas cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat Android yang Anda gunakan. Aplikasi Twilight sampai saat ini memiliki rating tinggi yakni 4.6 dari 5 bintang serta telah diinstal sampai dengan 10 juta pengguna melalui Play Store. Jumlah tersebut tentunya bisa bertambah lagi, mengingat Twilight memiliki banyak fitur dan kegunaan yang bermanfaat bagi pengguna.

Eye Filter (Blue light filter)

Selanjutnya adalah Eye Filter (Blue light filter) yang dikembangkan oleh diaohs yang juga masuk ke dalam kategori Health and Fitness. Eye Filter (Blue light filter) juga membantu dalam mengurangi terjadinya ketegangan mata, dimana pengguna dapat mengurangi kecerahan dan juga cahaya biru pada perangkat Android yang mereka gunakan.

Di dalam Eye Filter (Blue light filter) mempunyai beberapa fitur yang mendukung penggunaan. Sampai saat ini Eye Filter (Blue light filter) memiliki rating sebanyak 4.6 dari 5 bintang serta telah diinstal sampai dengan 500 ribu pengguna melalui Play Store. Untuk menggunakan Eye Filter (Blue light filter) membutuhkan sistem operasi minimal versi 2.2 atau di atasnya.

Night Owl – Screen Dimmer

Tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi di atas, Night Owl – Screen Dimmer dikembangkan oleh evezzon yang masuk kategori tools. Dengan menggunakan Night Owl – Screen Dimmer, Anda bisa mengatur nilai kecerahan pada layar lebih rendah dari pengaturan pada perangkat bawaan. Selain itu bagi Anda yang menggunakan tipe layar AMOLED tentunya akan mendapatkan keuntungan lebih seperti penggunaan daya yang lebih irit.

Sampai saat ini Night Owl – Screen Dimmer mempunyai rating sebanyak 4.5 dari 5 bintang serta telah diinstal sampai dengan 500 ribu pengguna. Untuk menggunakan Night Owl – Screen Dimmer, Anda membutuhkan sistem operasi minimal versi 2.3 atau di atasnya.

Night Screen

Aplikasi pengatur kecerahan layar Android yang terakhir pada pembahasan ini adalah Night Screen yang dikembangkan oleh Paper Airplane Dev Team yang masuk ke dalam kategori tools. Tak kalah bagusnya dengan aplikasi-aplikasi di atas, Night Screen memiliki tujuan untuk membantu dalam mengurangi tingkat kecerahan layar bila terlalu terang. Terdapat banyak fitur andalan yang dimiliki Night Screen yang membantu agar terhindar sakit mata ketika di lingkungan yang kurang cahaya.

Sampai saat ini Night Screen banyak digunakan dan memiliki rating 4.6 dari 5 bintang serta telah diinstal sampai dengan 500 ribu pengguna di Play Store. Untuk menggunakan Night Screen membutuhkan sistem operasi mimimal versi 5.0 atau di atasnya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa aplikasi pengatur kecerahan Android yang bisa Anda coba gunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki banyak fitur di dalamnya yang berbeda satu sama lain.

Loading...