Aplikasi Gratis Android untuk Mendeteksi Kesehatan Hardware

By Categories : Software

Sistem operasi Android memiliki pengguna terbanyak di dunia. Jika Anda merupakan salah satunya, Anda dapat mengecek semua kondisi dalam smartphone Android Anda apakah masih berjalan dengan baik atau tidak. Ini dikarenakan banyak pengguna Android yang kurang peduli dengan kesehatan hardware smartphone-nya. Untuk memudahkan menguji apakah hardware di smartphone Anda masih berfungsi dengan baik, ada beberapa aplikasi gratis Android yang bisa Anda coba. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda mengetahui kondisi baterai, audio, penyimpanan, piksel dan sebagainya.

AnTuTu Tester

Aplikasi gratis Android untuk melihat kondisi hardware

  1. AnTuTu Tester

Pasti Anda pernah mendengar smartphone yang dalam tahap uji oleh AnTuTu Benchmark. Sebelum dipasarkan lebih luas basanya perangkat elektronik akan diuji coba terlebih dahulu, salah satunya oleh AnTuTu. Saat ini AnTuTu telh membuat aplikasi gratis Android untuk memudahkan pengguna mengecek kondisi hardware apakah baik atau tidak. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengetes baterai smartphone Anda dapat bertahan berapa lama dan memberikan skor untuk konsumsi daya baterai. Selain itu, sensitifitas touch screen, GPU, CPU, SD card, memori, dan LCD juga dapat Anda uji dengan aplikasi AnTuTu.

  1. Phone Doctor Plus

Aplikasi gratis Android ini memiliki 25 pengujian untuk smartphone Android Anda. Mulai dari Bluetooth, GPS, koneksi 3G atau 4G dan beberapa fitur lainnya seperti home button, sensor temperatur, sensor, cahaya, sleep button, speaker, tombol volume, earphone, dan tes kecepatan smartphone Anda. Selain memiliki banyak pengujian, aplikasi ini juga mudah digunakan dengan tampilan yang simpel. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi Android terpopuler di beberapa negara. Selain di Android, Phone Doctor Plus juga tersedia di iOS.

  1. Phone Tester

Seperti halnya aplikasi sebelumnya, dengan aplikasi Phone Tester Anda dapat mengetahui kondisi hardware di smartphone Anda seperti Wi-Fi, GPS, telepon, kamera, baterai, status LAN, signal profider dan lainnya. Semuanya mampu dianalisa oleh Phone Tester. Namun untuk menggunakannya, aplikasi ini hanya berlaku untuk smartphone Android versi 6.0 Marshmallow. Anda dapat mendownloadnya secara gratis di Play Store. Namun untuk fitur yang lebih lenggap Anda dapat melakukan pembelian untuk aplikasi ini.

  1. Sensor Box

Bagi Anda yang tidak perlu melakukan pengujian di semua fitur smartphone, Anda dapat menggunakan Sensor Box untuk menguji sensor pada smartphone Android Anda. Selain itu, aplikasi gratis Android ini mampu menjaga agar fitur sensor dapat bekerja maksimal. Dalam pengujiannya Sensor Box mampu mendeteksi giroskop, sensor rotate, sensor cahaya, medan magnet, suara, tekanan, dan intensitas suara.

Itulah beberapa aplikasi gratis Android yang bisa Anda coba. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut Anda dapat mengunduhnya di Play Store.

Baca juga Aplikasi Android untuk memperkuat sinyal

Loading...