Aplikasi File Manager Android Terbaik 2016

By Categories : Software

Setiap perangkat Android memiliki aplikasi file manager bawaan untuk mengatur segala aktivitas penyimpanan file ke dalam folder. Saat ini banyak smartphone yang memiliki ROM atau memori internal dengan kapasitas besar yang masih ditambah dengan microSD sampai dengan 32 GB. Mengatur file ke dalam setiap folder membutuhkan perhatian khusus, agar ketika mencarinya dapat mudah untuk ditemukan.

Terdapat banyak aplikasi file manager Android terbaik yang bisa diunduh langsung melalui Google Playstore. Dengan melihat beberapa aplikasi file manager yang tersedia di Playstore, pengguna dapat melihat bahkan mencobanya. Untuk membantu menambah referensi Anda mengenai aplikasi file manager, di bawah ini terdapat beberapa aplikasi yang mungkin bisa Anda coba.

Aplikasi File Manager Android Terbaik 2015

Berikut Aplikasi File Manager Android Terbaik

ES File Explorer File Manager

ES File Explorer File Manager merupakan salah satu aplikasi file manager file Android yang berfungsi untuk mengatur segala file dengan berbagai fitur di dalamnya. ES File Explorer File Manager dapat Anda coba secara gratis melalui Playstore. Dengan menggunakan aplikasi ini, sangat memugkinkan pula untuk pengguna mengakses layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan layanan cloud lainnya. Sampai saat ini ES File Explorer File Manager telah diinstal lebih dari 100 juta pengguna.

File Expert with Clouds

Aplikasi yang dikembangkan oleh GeekSoft ini dilengkapi dengan tampilan cukup menarik dengan segala fitur di dalamnya. File Expert with Clouds berfungsi untuk membantu pengguna dalam mengatur segala aktivitas penyimpanan file ke dalam folder-folder. Seperti namanya File Expert juga telah terintegrasi dengan layanan cloud seperti OneDrive dan Dropbox. Untuk mencoba File Expert with Clouds silahkan mengunduh dengan ukuran 5,6 MB yang membutuhkan versi Android 4.1 atau di atasnya. Melalui Playstore File Expert with Clouds telah diinstal lebih dari 5 juta pengguna.

X-Plore File Manager

Aplikasi file manager Android terbaik berikutnya adalah X-Plore File Manager. Dengan menggunakan file manager ini sangat memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan akses pada file ZIP, root directory, serta akses layanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive. X-Plore File Manager memiliki ukuran 2,7 MB melalui Playstore dengan membutuhkan versi Android minimal 2.3 atau lebih tinggi. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna di Playstore.

ASTRO File Manager with Cloud

Yang keempat adalah ASTRO File Manager with Cloud yang dikembangkan oleh Metago yang merupakan Top Developer melalui Playstore. Terdapat beberapa fitur yang memudahkan pengguna untuk mengatur segala file. Sama seperti aplikasi manager di atas, ASTRO file manager juga memberikan layanan akses cloud seperti Dropbox, OneDrive, dan Google Drive. ASTRO File Manager with Cloud telah diinstal lebih dari 50 juta pengguna.

File Manager (File transfer)

Aplikasi file manager Android yang kelima atau yang terakhir pembahasan ini adalah File Manager (File transfer). Fitur dan desain minimalis menjadi kelebihan dari aplikasi File Manager. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur yang mempermudah dalam me-manage root directory serta melihat berbagai file dengan mudah. File Manager (File transfer) telah diinstal sebanyak lebih dari 10 juta pengguna Android.

Explorer

Aplikasi Android ini cukup ringan dan mudah digunakan. Sangat cocok untuk penggunaan dasar seperti copy, move, delete, dan sebagainya. Yang menarik dari aplikasi ini adalah sudah dilengkapi dengan fitur tab layaknya web browser. Ini tentu dapat memudahkan Anda membuka banyak folder sekaligus. Tidak hanya dapat mengakses file di SDcard dan internal, aplikasi Exploree juga dapat mengakses file yang tersimpan di cloud, seperti Google Drive atau Dropbox. Fitur text editor  serta create dan ektrak zip, gzip, tar, serta rar.

Borqs File Manager

Aplikasi file manager Android selanjutnya adalah Borqs File Manager. Aplikasi ini mampu mengelompokkan file menjadi beberapa kategori, dokumen, video, musik, dan aplikasi yang terinstall. Walaupun begitu Anda masih dapat menelusuri file-file dengan mengakses tab Directory.

Arsen File Manager

Dilihat dari segi tampilan, Aplikasi ini terlihat seperti file manager yang banyak berear di Google Play Store. Namun yang membedakan adalah terdapat sedikit animasi yang cukup cantik saat pertama kali Anda masuk ke Arsen dan saat berpindah folder. Sedangkan untuk file managernya masih sama dengan aplikasi sejenis lainnya. Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah menu Favorites. Anda dapat menambahakan folder sertafile ke bagian Favorites yang dapat diakses dengan muda melalui menu slide yang terletak di bagian kiri layar.

InKa File Manager

Aplikasi Android ini cukup mudah untuk digunakan. inKa File Manager hadir dengan UI yang sederhana serta lebih bersih. Yang menarik adalah Anda dapat mengubah warna folder sesuai keinginan Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan dua buah menu slide di kanan dan kiri layar.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa aplikai file manager Android terbaik 2016 yang bisa Anda coba.

Loading...