Apa Saja Tips Memotret Model Outdoor?

By Categories : Tekno

Teknik foto terdapat dua aspek, model indoor dan juga outdoor. Namun untuk kali ini, kami akan membahas tentang teknik foto outdoor. Apakah di antara Anda sudah ada yang mengetahui tentang bagaimana tips memotret model outdoor? Untuk outdoor, pasti Anda sudah tahu bagaimana lokasinya. Fotografi tidak bisa lepas dari cahaya, sehingga kita harus benar-benar memperhatikan pencahayaan ketika akan memotret. Berikut beberapa tips melakukan pemotretan model outdoor.

Tips pertama, Anda harus menentukan lokasinya. Untuk pemotretan model outdoor, lokasi merupakan sebuah faktor paling tepat untuk menentukan hasil fotonya bagus atau tidak. Jika Anda sudah mendapatkan lokasi yang tepat, coba lakukan pemotretan beberapa kali agar bisa melihat kualitas dari cahaya pada lokasi tersebut.

ssd

Tips ke dua, Anda bisa membawa teman untuk menjadi asisten. Melakukan pemotretan model outdoor memberikan Anda banyak keuntungan. Seperti dapat melihat pemandangan bagus. Namun kerugiannya pun Anda, seperti Anda harus jalan jauh sampai bisa menemukan titik atau spot, pencahayaan dan angin yang sesuai. Dengan demikian, Anda pasti akan membutuhkan seorang asisten dalam membawakan beberapa peralatan, mengarahkan model rambut, menahan reflector agar Anda bisa benar-benar fokus dalam pemotretan.

Tips memotret model outdoor yang ke tiga, mempertimbangkan cahayanya. Dalam pemotretan outdoor, ada dua pilihan. Anda bisa menggunakan cahaya flash atau cahaya matahari. Namun di sini kami menyarankan, hendaknya Anda menggunakan cahaya alami saja karena nantinya hasil akan lebih menarik. Namun cahaya flash juga bisa membantu dalam memunculkan dimensi lekukan tubuh model. Contohnya ketika Anda ingin memunculkan bentuk tubuh model, beri lah flash pada bagian belakang model atau sering disebut dengan backlight supaya pinggiran tubuh model terlihat menonjol dan membuat foto lebih tajam. Berbeda jika Anda menggunakan cahaya alami berupa matahari. Ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan di sini, yaitu hasil jepretan terlihat natural. Sekarang ada banyak klien yang menginginkan foto alami. Meskipun terdapat keterbatasan hanya mengutamakan cahaya alami dalam pemotretan, namun Anda bisa melakukan kreasi dengan mencari arah jatuhnya sinar matahari.

Kemudian untuk tips memotret model outdoor yang selanjutnya, beri lah jarak model dengan Anda sebagai fotografer. Pemotretan outdoor tidak seperti melakukan pemotretan di dalam studio. Memberikan jarak ketika sedang memotret model membantu Anda mendapatkan sebuah efek bokeh atau mendapatkan sebuah panorama yang bagus. Dan yang terakhir, Anda harus menggunakan model sebagai subjek, tempat hanya sebagai pelengkap saja. Ada beberapa fotographer yang mengesampingkan model dan mengutamakan backgroundnya karena mendapatkan sebuah lokasi yang sangat indah. Namun sebenarnya ini akan menjadikan hasil jepretan Anda tidak bagus atau menarik. Meskipun Anda melakukan pemotretan di sebuah lokasi indah, Anda harus tetap menjadikan model sebagai subjeknya. Baca juga teknik fotografi untuk pemula

Loading...