Apa Perbedaan Yahoo dan Gmail?

By Categories : Internet

Internet berkembang dengan sangat pesat dan cepat. Hampir semua sendi menggunakan internet, dikarenakan internet merupakan sumber informasi. Perkembangan internet yang semakin cepat ini tentunya tidak lepas dari 2 platform yang sudah biasa kita dengar, yaitu yahoo dan google. Keduanya bisa disebut bapak dan ibu guru yang tidak nyata. Selain sebagai sumber informasi, internet juga berkembang yaitu dengan munculnya email atau electronic mail. Email ini layaknya sebuah surat namun disampaikan secara elektronik. Baik yahoo maupun google menyediakan layanan email tersebut, yahoo dengan yahoo mail, sedangkan google dengan gmail. Tapi, apa sih perbedaan yahoo dan gmail ini?

Kedua email dari 2 platform besar ini bisa dikatakan bersaing sama seperti posisi mereka sebagai search engine. Baik yahoo dan gmail menawarkan kemudahan kita dalam kecepatan menyampaikan surat kita. Jika surat fisik membutuhkan waktu berhari-hari, maka email ini hanya membutuhkan hitungan detik dan kita surat kita sampai kebelahan dunia manapun.

Yahoo dan Gmail

Yahoo dan gmail ini memiliki perbedaan baik dari segi kemudahan maupun dari segi fasilitasnya. Dari segi attach file atau lampiran file dll, gmail bisa langsung dilakukan dihalaman yang sama ketika kita ingin mengirim email, sedangkan yahoo mail kita perlu membuka halaman yang berbeda untuk attach file sehingga terkesan kurang praktis. Dalam mengisi adress book, pada yahoo kita perlu mengisi kontak kita dengan alamat email secara manual, sedangkan gmail secara otomatis akan masuk kedalam adress book ketika kita mengirim sent mail. Email balasan pada yahoo berdiri sendiri sedangkan gmail akan masuk dibawah email pertama sehingga kita bisa melihat percakapan kita sebelumnya.

Perbedaan yahoo dan gmail yang lain adalah yahoo memiliki email messenger atau dikenal dengan nama Yahoo messenger. Dimana kita bisa mengikuti update informasi dari teman, sedangkan google tidak meyediakan fasilitas massengger. Yahoo juga memiliki tingkit sensitivitas yang lebih tinggi terhadap spam, sehingga bisa saja folder penting kita dianggap sebagai spam.

Gmail didesain dengan mengutamakan sistem pencarian yang canggih dan membuat pemakai harus memilih-milih email yang masuk kedalam folder. Pemakai juga bisa memakai menyimpan semua email dan mencarinya dengan keyword. Sedangkan yahoo mail tidak memakai mesin pencari sehingga pemakai harus membuat folder-folder untuk mempermudah pencarian. Untuk kuota penyimpanan, gmail memiiki kuota penyimpanan yang cukup besar, yaitu 6 GB sedangkan yahoo nilainya setara dengan itu.

Gmail juga membuat kita secara otomatis terhubung ke youtube maupun blogspot. Kapasitas attachment yahoo 10 MB, sedangkan google 20 MB. Begitu banyak perbedaan yahoo dan gmail yang tentuya menunjukkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baik yahoo maupun google, keduanya memang sarana komunikasi yang baik. Jadi, apa email pilihanmu? Baca juga perkembangan teknologi internet.

Loading...