Google glass merupakan sebuah gadget yang berbentuk seperti kacamata yang memiliki fitur yang untuk menampilkan informasi dan fungsinya yang mirip layaknya smartphone, google glass juga dapat di kendalikan melalui suara, konsep dari google glass adalah meletakkan layar smartphone di depan mata penggunanya.

Jeremy Kaplan Google Glass

Google glass berbentuk kacamata dan dipakai seperti orang memakai kacamata, namun berbeda pada kacamata pada umumnya, dengan menggunakan teknologi yang sangat canggih dan terbaru, kacamata ini memiliki fitur yang mirip seperti smarphone.

Fitur google glass

  • Dapat menerjemahkan apa saja yang dikatakan oleh si pengguna
  • Dapat di gunakan sebagai petunjuk lokasi layaknya sebuah GPS
  • Pengguna dapat mengirimkan pesan melalui suara.
  • Dapat merekam layaknya seperti video dengan perintah suara, jadi tidak repot – repot mencari tombol lagi.
  • Dapat juga pula mengambil gambar dengan perintah suara.
  • Dengan memakai kacamata pintar ini kita dapat mengetahui berbagai macam informasi umum, contohnya jadwal pesawat, berita cuaca dsb.
  • Segala yang kita lakukan dapat langsung ke share ke sosial media.
  • Kalau kita merasa tidak tahu, kita dapat bertanya layaknya seperti dengan google search.

Siapa pembuat google glass?

Google glass merupakan ciptaan dari raksasa internet dunia yaitu google inc. Google melakukan riset dan pengembangan di sebuah lab rahasia yang dimilikinya yang mempunyai misi menciptakan segala teknologi baru di masa depan. Dan google melakukan project khusus yang di beri nama “project glass” yang di pimpin oleh Thad Starner seorang ilmuan dan professor yang berpengalaman di bidang teknologi.

Teknologi ini merupakan teknologi yang baru dan tentunya google telah mematenkannya.

Kebanyakan google glass ini mempunyai fitur yang mirip dengan smartphone ada umumnya, akan tetapi ada perbedaannya adalah langsung bisa di pakai dalam bentuk kacamata dan bisa dikendalikan oleh suara.

Aplikasi google glass

Pada aplikasi nya google glass ini mempunyai namanya tersendiri yaitu dinamakan dengan Glassware, aplikasi ini dapat pula dikembangkan oleh pihak ketiga agar perkembangannya semakin meluas. Dengan adanya Glassware tentunya ada fitur yang tertanam di google glass yang aplikasi – aplikasinya merupakan aplikasi standart milik google yaitu google now, google plus, gmail dan google maps.

Google akan memulai membuka ruang bagi para developer pada 15 april 2013, dan pihak ketiga ini untuk mengembangkan aplikasi –aplikasi. Berkembangnya waktu, aplikasi mulai bermunculan aplikasi pada google glass yaitu aplikasi note, berita, photo editor dan aplikasi jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Hardware pada google glass

Tidak tanggung – tanggung, google glass telah dibenamkan kamera dan dapat mengambil gambar dengan resolusi sebesar 5 megapixel dan dapat merekan video dengan kualitas 720p HD.

Dan memiliki spesifikasi diplay 640 x 360 ,Bluetooth, wifi, ruang penyimpanan 16GB, RAM 682MB dan perangkat penting lainnya untuk menerima suara.