Antivirus Lokal Terbaik 2016

By Categories : Software

Antivirus merupakan salah satu aplikasi wajib yang diinstal pada para pengguna gadget, komputer, maupun laptop. Hal ini dikarenakan fungsi dari antivirus yang sangat penting untuk mencegah virus, malware, dan sejenisnya masuk ke dalam komputer. Untuk memberikan perlindungan antivirus menjadi salah satu cara terbaik yang menjadi andalan kebanyakan pengguna.

Diantara banyaknya antivirus luar terdapat antivirus lokal yang memiliki kinerja cukup mumpuni dalam mencegah atau mengatasi berbagai jenis virus. Untuk antivirus luar terkadang tidak mengenali virus buatan Indonesia. Oleh sebab itu untuk memaksimalkan antivirus, banyak pengguna yang mengkombinasikan antara antivirus luar dan antivirus lokal. Dengan kombinasi kedua antivirus tersebut perangkat yang Anda gunakan aman dari serangan virus dan sejenisnya.

Antivirus Lokal Terbaik

Namun hal yang perlu diketahui adalah pengguna perlu melakukan update antivirus untuk mendapatkan database terbaru setiap harinya mengenai virus, malware, dan sejenisnya. Dengan begitu antivirus dapat lebih kuat dan maksimal dalam kinerjanya. Lalu apa saja antivirus lokal terbaik 2016 yang bisa dikombinasikan dengan antivirus luar? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Antivirus Lokal Terbaik 2016

SMADAV

SMADAV merupakan salah satu antivirus terbaik untuk PC yang merupakan asli buatan Indonesia. Antivirus ini dibuat oleh Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 saat ia berstatus sebagai siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah.  SMADAV memiliki berbagai kelebihan dalam menangani berbagai jenis virus lokal. Keberadaan antivirus ini sangat populer di kalangan masyarakat. Pengguna dapat menggunakan SMADAV free alias gratis tanpa biaya. Selain itu juga bisa menggunakan versi pro yang tentunya akan dikenakan dengan mempunyai fitur yang lebih lengkap. Antivirus ini memiliki fitur untuk membersihkan berkas, kemudian fitur Smad-Lock yang berfungsi mengampankan file dalam alat penyimpanan data dan ditur SmaRTP yang memiliki fungsi mencegah eksekusi file virus dari alat penyimpanan data. SMADAV dapat dikombinasikan dengan antivirus luar seperti ESET, Avira, Norton, dan sebagainya.

ANSAV

Antivirus lokal terbaik berikutnya adalah ANSAV. Sama-sama produk asli Indonesia, ANSAV juga memiliki kualitas cukup bagus dalam menangani berbagai virus yang ada. Dengan ukuran file yang cukup ringan membuat ANSAV cocok digunakan untuk pendamping antivirus luar. Dengan kombinasi tersebut tentunya sangat efektif dalam mencegah virus masuk. ANSAV dapat diunduh secara gratis, dan jangan lupa untuk update.

PCMAV

PCMAV sebagai alternatif lain antivirus lokal yang dapat Anda gunakan. PCMAV memiliki fitur cukup lengkap dalam membasmi dan mencegah virus masuk. PCMedia Antivirus dapat Anda gunakan sebagai pelengkap virus luar yang Anda gunakan. PCMAV merupakan satu-satunya antivirus lokal yang menggunakan formula serta teknologi khusus untuk mengatasi virus pada komputer, baik virus lokal maupun asing. Antivirus ini menggunakan bahasa pemrograman Delphi sehingga membuatnya berbeda dengan kebanyakan antivirus yang menggunakan Microsoft Visual C++. Keunggulan antivirus ini adalah memiliki akurasi untuk mendeteksi virus yang lebih tinggi. PCMAV memiliki fitur yang dapat memberikan perlindungan pada pengguna saat mengakses internet. Virus ini mampu mencegah website berbahaya yang berpotensi menyebarkan malware hingga phising. Dengan kumpulan database yang dapat di update, keamanan dalam akses internet juga dapat terjaga. Selain itu, PCMAV juga mampu mendeteksi malware yang tersembunyi dibalik kompresi RAR/ZIP.

ARTAV

Antivirus lokal terbaik yang berikutnya adalah ARTAV. Antivirus ini diciptakan oleh kakak beradik, yakni Arrival Dwi Sentosa dan Taufik Aditya Utama pada tahun 2009 dan dipublikasikan sekitar bulan April 2010. Antivirus buatan asli Indonesia ini dalam pembuatannya menggunakan bahasa Visual Basic 6 dan juga C++ yang memiliki berbagai keunggulan dalam menangani berbagai jenis virus lokal. Disamping itu ARTAV juga bisa memperbaiki registry yang rusak akibat dari infeksi virus. ARTAV dapat Anda gunakan dengan antivirus luar lainnya.

N-Shield

Antivirus lokal terbaik terakhir dalam pembahasan ini adalah N-Shield. N-Shield dirilis pertama kali pada tahun 2009 lalu dengan mengenali virus sebanyak 60 ribu melalui databasenya. Untuk membersihkan virus, trojan, dan malware N-Shield cukup dapat diandalkan. Apalagi jika dikombinasikan dengan antivirus luar dan selalu diupdate untuk mendapatkan database virus terbaru. Antivirus ini mampu mendeteksi virus dengan cepat dengan beberapa metode seperti pattern, hash, generic, dan heuristic. Selain itu, N-Shield antivirus juga dapat mendeteksi virus dengan teknologi rootkit, yakni virus yang tidak terlihat di dalam memory. Proses pendeteksiannya sangat cepat dan efisien. Selain itu, Antivirus ini juga dilengkapi fitur Self-Defense, sehingga proses yang dilakukan oleh antivirus ini tidak dapat dihentikan oleh virus. Untuk mengaktifkan firue ini, Anda dapat masuk ke menu setting dan centang opsi “Scan hidden Process” kemudian pilih save.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa antivirus lokal terbaik 2016 yang dapat menjadi alternatif penggunaan Anda. Baca juga artikel mengenai Macam-macam antivirus untuk PC dan Laptop.

Loading...