Akibat Mematikan Komputer Tidak Sesuai Prosedur

By Categories : Hardware

Penggunaan sesuai prosedur dapat membuat sebuah komputer menjadi lebih awet. Penggunaan sesuai dengan prosedur yang dimaksudkan adalah dari awal menghidupkan sampai dengan mematikan komputer setelah menggunakan dengan cara yang tepat. Karena jika tidak dilakukan dengan benar, hal sepele seperti mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur dapat mempengaruhi kinerja komputer dan berakibat pada kerusakan hardware.

Akibat Mematikan Komputer Tidak Sesuai Prosedur

Alasan kebanyakan orang tak mematikan komputer sesuai prosedur adalah karena terburu-buru ingin cepat. Padahal tanpa diketahui jika terus dilakukan dapat berdampak buruk untuk hardware itu sendiri. Oleh sebab itu perlu diketahui apa saja akibat atau dampak mematikan komputer tidak sesuai prosedur, silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Akibat Mematikan Komputer Tidak Sesuai Prosedur

Menyebabkan Kerusakan pada RAM

Akibat mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur atau tidak dilalui dengan menekan tombol shutdown adalah dapat menyebabkan kerusakan pada RAM. Ketika komputer dimatikan dengan cara di shutdown maka RAM (Random Acess Memory) dalam keadaan kosong alias bersih, sehingga akan lebih fresh ketika digunakan kembali. Sebaliknya jika dimatikan tidak sesuai dengan prosedur dengan langsung mematikan secara paksa, maka RAM tidak dalam kondisi bersih atau masih tersisa cache bekas penggunaan. Hal ini akan merusak RAM jika terus dilakukan.

Memicu Kerusakan pada Processor

Akibat mematikan komputer tak sesuai prosedur berikutnya adalah memicu terjadinya kerusakan pada processor. Processor merupakan otak dari komputer yang memiliki peran penting dalam pemrosesan data. Ketika komputer dimatikan sesuai dengan prosedur maka heatsink lebih optimal dalam proses mendinginkan processor. Begitu sebaliknya jika komputer dimatikan tidak sesuai dengan prosedur justru dapat menyebabkan proses pendinginan processor kurang sempurna yang dapat berakibat pada kerusakan processor.

Memicu Kerusakan pada Power Supply

Power Supply merupakan komponen hardware pada komputer yang memiliki fungsi untuk memberikan daya kelistrikan agar layar monitor dapat menyala ketika terdapat aliran listrik. Mematikan komputer melalui shutdown akan memerintahkan BIOS dalam meghentikan segala hardware yang berjalan termasuk power supply. Berbeda jika dimatikan tidak sesuai dengan prosedur justru membuat arus listrik akan terputus mendadak yang mengakibatkan kerusakan pada power supply jika terus dilakukan.

Harddisk Mengalami Bad Sector

Akibat berikutnya adalah harddisk mengalami bad sector. Permasalahan ini sering dialami ketika komputer tidak dimatikan dengan cara di shutdown. Ketika harddisk sedang melakukan proses lalu komputer mati secara tiba-tiba membuat piringan harddisk yang mulanya berputar kencang akan terhenti mendadak. Hal ini yang bisa menyebabkan harddisk pada komputer mengalami permasalahan seperti bad sector.

Registry Berantakan

Ketika komputer dimatikan dengan cara benar, maka komputer tersebut akan meregistry setiap software serta data yang digunakan. Namun tidak halnya jika dimatikan tidak sesuai dengan prosedur yang akan mengakibatkan registry menjadi berantakan serta tidak tersimpan pada registry dengan benar.

Nah itulah tadi beberapa akibat mematikan komputer tidak sesuai prosedur. Baca juga artikel tentang Cara mengatasi komputer restart sendiri.

Loading...