5 Fungsi Scroll Pada Mouse yang Perlu Diketahui

By Categories : Tekno

Mouse merupakan salah satu perangkat keras yang sering digunakan para pengguna laptop maupun PC. Dengan adanya mouse, pengguna tak perlu menyentuh touchpad yang ada pada laptop. Saat ini mouse memiliki aneka ragam pilihan seperti mouse dengan menggunakan kabel ataupun mouse tanpa kabel dengan menggunakan teknologi wireless. Secara umum mouse memiliki tombol klik kiri, kanan, dan scroll kecuali mouse khusus gaming yang memiliki lebih banyak tombol.

Fungsi Scroll Pada Mouse

Seperti yang kita ketahui bahwa scroll pada mouse berbentuk roda kecil yang berguna untuk menggeser ke atas maupun ke bawah dengan mudah. Namun perlu Anda ketahui bahwa scroll pada mouse memiliki fungsi tidak hanya untuk menggeser ke atas atau ke bawah saja, melainkan memiliki fungsi lain yang mungkin belum diketahui sebagian orang. Nah pada pembahasan kali ini membahas mengenai 5 fungsi scroll pada mouse yang perlu diketahui. Lalu apa saja fungsi tersebut? ikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut 5 Fungsi Scroll pada Mouse yang Belum Banyak Diketahui

Untuk Open New Window (Membuka Jendela Baru)

Fungsi scroll pada mouse yang pertama adalah untuk membuka jendela baru. Tombol scroll yang tersedia pada seluruh jenis mouse dapat Anda gunakan untuk membuka jendela baru dengan cepat dan mudah. Cara ini berlaku terhadap semua ikon shortcut yang tersedia di dalam taskbar entah itu sedang aktif ataupun tidak aktif. Untuk caranya, Anda cukup mengarahkan kursor pada icon shortcut aplikasi yang ingin Anda buka di jendela baru dengan menekan tombol scroll pada mouse.

Close Window (Menutup Jendela)

Selain untuk membuka jendela baru, scroll pada mouse juga berfungsi untuk menutup jendela(Close Window) tersebut. Caranya cukup mudah yakni dengan mengarahkan kursor pada icon shortcut aplikasi yang disertai dengan preview kemudian cukup menekan tombol scroll tersebut. Cara ini memang lebih efektif dibandingkan dengan mencari tombol exit atau klik kanan pada icon tersebut.

Open New Tab (Membuka Tab Baru)

Fungsi scroll pada mouse yang ketiga adalah open new tab atau membuka tab baru. Ketika Anda sedang browsing internet dan ingin membuka link pada tab baru biasanya harus klik kanan dan pilih open link new tab. Namun hal tersebut lebih dapat mudah dilakukan dengan menggunakan scroll mouse. Caranya cukup mudah dengan arahkan kursor pada link, kemudian tekan tombol scroll pada mouse.

Close Tab (Menutup Tab)

Selain membuka tab baru, scroll pada mouse juga berfungsi untuk closing tab atau menutub tab. Untuk penggunaannya sangat mudah, arahkan kursor pada tab yang ingin Anda tutup. Setelah itu cukup tekan tombol scroll pada tab tersebut, maka dengan mudahnya tab pada browser yang Anda pilih akan ditutup dengan cepat.

Open All Tab (Membuka Semua Link pada Folder Bookmark)

Fungsi scroll pada mouse yang terakhir adalah open all tab atau membuka semua link yang tersedia dalam folder bookmark bar Anda. Untuk Anda yang menyimpan link dengan cara di bookmark ke dalam folder yang telah Anda buat dan ingin membukanya secara bersamaan cukup gunakan tombol scroll pada mouse. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan membuka satu persatu, sehingga lebih cepat dan efektif.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 5 fungsi scroll pada mouse yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Keyword gaming terbaik cocok untuk gamer.

Loading...