5 Fungsi Flashdisk Selain untuk Menyimpan File

By Categories : Hardware

USB atau singkatan dari Universal Serial Bus merupakan aksesoris komputer yang digunakan untuk menyimpan file atau data. USB atau dikenal dengan flashdisk memiliki ukuran kecil dan mudah dibawa, sehingga sangat praktis untuk digunakan. Harga flashdisk di pasaran bervariasi tergantung dengan kapasitas serta merk flashdisk tersebut. Selain fungsinya untuk menyimpan file, ternyata flashdisk juga memiliki fungsi lain bagi pengguna komputer. Untuk mengetahui apa saja fungsi flashdisk selain untuk menyimpan file, ikuti pada pembahasannya di bawah ini!

#1/TK280sp #2/TK280Tpen #3/TK280noSP

#1/TK280sp #2/TK280Tpen #3/TK280noSP

Berikut 5 Fungsi Flashdisk Selain untuk Menyimpan File

Sebagai Instraller Windows

Fungsi flashdisk selain untuk menyimpan file yang pertama adalah sebagai installer Windows. Untuk melakukan proses instalasi sistem operasi membutuhkan CD RoM untuk Windows XP atau sebelumnya atau juga menggunakan DVD ROM untuk Windows 7 atau sesudahnya. Namun melakukan proses instalasi tidak hanya melalui disk saja, melainkan bisa melalui USB atau Flashdisk. Dengan menggunakan flasshdisk minimal 4 GB atau lebih, Anda dapat melakukan install ulang OS Windows. Untuk melakukan install ulang maka Anda membutuhkan file image drive Windows berekstensi .iso ditambah aplikasi seperti UNetbootin, Yumi, atau Rufus untuk melakukan burning pada flashdisk Anda.

Menjalankan OS Linux tanpa Instal

Tahukah Anda selain untuk menyimpan file, ternyata flashdisk juga memiliki fungsi untuk menjalankan sistem operasi distro Linux tanpa harus melakukan instalasi ke dalam harddisk. Anda memerlukan installer Linux (Linux Mint, Ubuntu, atau Blank On) yang berwujud file image drive dengan ekstensi .iso. Untuk menjalankan Linux melalui flashdisk Anda harus melakukan burning terlebih dahulu ke dalam flashdisk melalui program Yumi atau program lain. Untuk menggunakannya cukup dengan mencolokkan flashdisk kemudian tunggu sampai menu booting keluar lalu pilih Linux yang telah Anda burning dan coba untuk jalankan.

Sebagai Antivirus

Fungsi flashdisk selain untuk menyimpan file adalah sebagai antivirus sebagai pembasmi virus. Untuk membasmi virus, malware, atau sejenisnya Anda membutuhkan antivirus seperti AVG, Kaspersky, atau antivirus handal lain yang mempunyai versi portable. Dengan versi portable Anda bisa menyimpannya pada flashdisk serta menjalakan program antivirus untuk membasmi virus komputer tanpa proses instalasi terlebih dahulu. Selain untuk antivirus, flashdisk bisa digunakan juga untuk menjalankan aplikasi portable lainnya.

Untuk Enkripsi File Rahasia

Flashdisk yang terisi data rawan akan pencurian data. Untuk melindungi data di dalam flashdisk, Anda dapat melakukan enkripsi. Proses enkripsi sangat penting untuk melindungi data rahasia di dalam flashdisk. Dengan enkripsi, orang lain yang tidak mengetahui cara membuka maka tidak bisa dibuka. Terdapat banyak program yang dapat Anda gunakan untuk mengenkripsi file pada flashdisk seperti BitLocker, TrueCrypt, atu juga FreeOTFE. Perlu diingat jangan lupa mendekripsi terlebih dahulu sebelum membukanya.

Sebagai Recovery Tool

Yang terakhir adalah sebagai recovery tool melalui flashdisk. Anda dapat memasukkan beberapa tools manajemen sistem. Tools yang dapat digunakan seperti file recovery tools yang berguna untuk mengembalikan file terhapus atau tools untuk registry repair yang berguna untuk memperbaiki kerusakan pada register. Secara umum recovery tool merupakan program yang biasa digunakan untuk menganalisa gangguan dan memperbaiki sistem komputer yang bermasalah.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 5 fungsi flashdisk selain untuk menyimpan file yang dapat Anda ketahui.

Loading...