5 Cara Mendeteksi Malware

By Categories : Tekno

Perilaku aneh dari komputer sering mungkin kebetulan, akan tetapi kadang-kadang juga dapat menjadi tanda peringatan dari infeksi malware. Jika komputer mengulangi salah satu dari perilaku ini dari beberapa waktu, kemungkinan lebih tinggi bahwa itu terinfeksi dari malware:

malware

Berikut ciri – ciri apabila malware masuk di komputer :

  1. Iklan pop-up akan ditampilkan bahkan jika tidak ada jendela browser terbuka: Banyak dari program malware terbaru tidak berperilaku seperti ini karena pemrograman pintar, tapi perilaku ini masih ditemukan di banyak program malware yang lebih tua. Program Adware membombardir pengguna dengan iklan popup bahkan jika tidak ada jendela browser terbuka. Kadang-kadang iklan tersebut dapat mencakup link untuk menjual produk atau layanan, sementara lain waktu mereka mungkin menyertakan link ke situs berbahaya, yang mungkin drop bahkan lebih malware di komputer Anda.
  2. Pengalihan yang tidak perlu: Tidak semua pengalihan peramban yang berbahaya, tetapi jika Anda mencoba membuka Google, Facebook atau Twitter, tapi bisa diarahkan ke tempat lain maka bisa dipastikan PC Anda dalam kesulitan. Kadang-kadang pengalihan mungkin lebih halus dan rumit di alam. Sebagai contoh, sebuah Trojan perbankan dapat mengarahkan Anda ke situs palsu yang terlihat sama seperti situs asli bank Anda. Dalam kasus tersebut satu-satunya petunjuk yang mungkin Anda lihat adalah URL di address bar.
  3. Sebuah program keamanan yang  tidak menginstal mulai menunjukkan peringatan keamanan: Usaha mendistribusikan program antivirus palsu ini sangat menguntungkan. Program antivirus palsu tersebut sering didistribusikan dan diinstal di komputer kita melalui  download dan teknik licik lainnya. Setelah program ini masuk PC kita, mereka mulai menunjukkan peringatan menakutkan tentang ancaman yang dibuat-buat. Tak perlu dikatakan bahwa mereka memerlukan biaya lisensi untuk membersihkan PC kita, dan membersihkan dengan antivirus ini seringkali cukup halus karena pada kenyataannya mereka tidak melakukan apa-apa.
  4. Posting yang tidak menulis mulai muncul pada profil media sosial: Malware juga menargetkan Facebook dan situs media sosial lain dan mulai posting informasi palsu dari akun Anda pada mereka. Dalam kebanyakan kasus mereka memposting pernyataan inflamasi dengan link. Jadi jika Anda melihat beberapa posting yang Anda tidak memperbarui dari akun media sosial Anda, maka komputer Anda mungkin berada di bawah pengaruh malware.
  5. Tidak dapat menggunakan alat sistem umum: Siapa pun yang pengguna komputer yang cerdas akan mendapatkan  infeksi malware dengan cepat dan akan mencoba untuk membenarkan keraguannya dengan melihat ke dalam Task Manager atau Registry Editor. Tapi jika Anda tidak dapat mengakses salah satu dari alat-alat dan melihat pesan yang mengatakan Administrator telah menonaktifkan pilihan ini maka mungkin upaya pertahanan diri dari malware.
Loading...