Tips Anti-Panik Menghadapi Pemadaman Mendadak pada Listrik

Listrik menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Hampir semua alat yang kita gunakan sehari-hari memerlukan listrik untuk bekerja. Namun, beberapa wilayah pemukiman di Indonesia masih belum terjangkau listrik. Selain belum terjangkau listrik, masalah lain yang dihadapi penduduk Indonesia adalah sering terjadinya pemadaman mendadak.

Mengapa Pemadaman Mendadak?

Pemadaman mendadak sebenarnya bagian dari pemadaman bergilir. Fungsi dari adanya pemadaman ini biasanya untuk mencegah mati listrik total pada sistem jaringan listrik. Selain untuk mencegah padam total, pemadaman bergilir terkadang disengaja untuk mempermudah pemeliharaan listrik dan pencegahan kemungkinan terjadinya korsleting.

Namun, yang menjadi masalah adalah pemadaman secara mendadak. Meskipun pemadaman bergilir memiliki jadwal tertentu, tetapi tidak menutup kemungkinan akan adanya pemadaman mendadak karena faktor tertentu. Hal inilah yang terkadang ikut menyumbang kerusakan terhadap alat-alat elektronik pada rumah tangga.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

  1. Cek Jadwal Pemadaman Bergilir

Perusahaan Listrik Negara atau PLN, sering memberikan pemberitahuan mengenai pemadaman yang mereka lakukan. Anda bisa melakukan pengecekan jadwal pemadaman ini lewat media sosial milik PLN. Dengan sering melakukan pengecekan, Anda menjadi lebih mudah menyiapkan diri ketika kemungkinan akan terjadi pemadaman listrik.

  1. Lepaskan Alat Elektronik dari Sumber Listrik Ketika Tidak Digunakan

Beberapa orang sering meninggalkan alat-alat elektronik mereka dalam posisi menancap di sumber listrik. Kebiasaan ini merupakan hal yang buruk. Pertama, kemungkinan orang tersebut akan membayar listrik lebih banyak untuk listrik yang tidak terpakai. Kedua, ketika terjadi pemadaman, alat elektronik lebih rentan terkena kosrleting listrik.

Untuk itu, penting bagi kita untuk mencabut alat elektronik dari sumber listrik ketika tidak digunakan. Meskipun terdengar sepele, beberapa dari kita sering melupakan hal ini. Biasakanlah untuk mencabut kabel listrik setelah digunakan, agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan ketika terjadi pemadaman mendadak.

  1. Mempersiapkan Genset

Selain tindakan preventif di atas, menyiapkan genset menjadi hal yang perlu dilakukan. Genset dapat menjadi sumber listrik cadangan ketika terjadi pemadaman mendadak. Kebutuhan akan genset ini sebenarnya opsional. Namun, akan menjadi kebutuhan yang mendesak ketika rumah Anda terletak di pemukiman yang aliran listriknya masih belum stabil.

Untuk mencari genset yang sesuai kebutuhan, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, terjadi pemadaman mendadak terjadi di wilayah Surabaya. Anda pertimbangkan untuk mencari tempat jual genset 30 kva di surabaya.

Selain berdasarkan tempat, Anda juga bisa mempertimbangkan berdasarkan merek dan tegangan yang dihasilkan. Misalnya, Anda membutuhkan genset dengan merek terpercaya seperti Yanmar. Selain merek, Anda bisa mempertimbangkan voltasenya, misalnya 30 kVA. Maka, Anda bisa mencari tempat distributor genset yanmar  di sekitar Anda.

  1. Jangan Lupa Membayar Listrik

Hal terakhir yang menyebabkan pemadaman mendadak adalah tidak membayar listrik tepat waktu. Ketika Anda lupa membayar listrik, dan penggunaan Anda melebihi kapasitas, tagihan listrik akan menumpuk. Saat itulah PLN akan memberikan teguran pada Anda. Namun, ketika Anda tidak mengindahkan peringatan tersebut, listrik Anda tentu langsung dikenai pemadaman mendadak.