Tips Merawat Karpet Masjid Agar Awet

Sebagai salah satu elemen yang wajib, masjid sebagai rumah peribadatan umat muslim, karpet tak hanya akan membuat siapapun yang berpijak di atasnya merasa nyaman, tetapi juga akan mempengaruhi tingkat kakhusyukan dalam beribadah. Anda tak perlu bingung di mana membeli karpet ini. Sebab kini telah banyak sekali yang jual karpet masjid di Bekasi.

Kenyamanan ini tentunya didukung pula oleh berbagai faktor, selain pemilihan jenis dan bahan karpet yang tebal dan empuk motif dan warnanya pun perlu disesuaikan dengan dekorasi masjid. Tingkat kebersihan karpet pun turut memiliki peran penting dan ikut andil dalam mendukung kenyamanan dalam beribadah.

Tips Merawat Karpet Masjid

Bagaimana Cara Merawat Karpet Masjid Yang Benar ? Ini Tipsnya

Bagaimana jika karpet yang menghiasi masjid telah bagus dengan material yang berkualitas serta warna dan motif yang sesuai dengan interior masjid namun tidak dirawat dengan benar? Alhasil, karpet akan dengan mudah kotor, berdebu, dan menjadikan tekstur karpet tak lagi nyaman untuk dipijak. Tentu nya amat disayangkan, bukan?

Berikut ini merupakan beberapa tips merawat karpet masjid dengan benar:

  1. Rutin dibersihkan menggunakam vacuum cleaner

Karpet sebaiknya dibersihkan secara rutin dengan menggunakan vacuum cleaner, setidaknya 2 kali dalam seminggu. Yang perlu ditekankan disini ialah pastikan bahwa vacuum cleaner tersebut hanya digunakan untuk membersihkan area karpet saja.

Jangan digunakan untuk membersihkan area yang permukaannya keras, sebab roda vacuum cleaner yang bergesekan dengan lantai kasar akan mudah aus. Bila roda itu membekas pada karpet, tentu cukup sulit untuk dibersihkan.

  1. Hindarkan dari suhu lembab

Hindarkan karpet dari suhu lembab, seban akan memicu timbulnya jamur dan aroma tak sedap. Ini sering terjadi di area pintu masuk akibat dari kaki yang belum kering kemudian memijak karpet.

Cara mengatasinya yaitu area dari tempat wudhu hingga ke masjid dipasang rubber atau karpet bihun kemudian atasnya dilapisi dengan handuk. Tujuannya untuk memastikan bahwa kaki tersebut kering saat memasuki ruang masjid.

  1. Tidak Membawa Makanan ke dalam Masjid

Sebaiknya Anda tidak membawa makanan basah ke area karpet seperti susu atau minuman lainnya. Jika mungkin karpet terkena tumpahan kopi maka langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membersihkannya menggunakan handuk basah yang telah diperas terlebih dahulu, kemudian diusap dan ditekan-tekan secara perlahan hingga kopi tersebut terserap.

Pastikan terlebih dahulu bau, noda dan gula tersebut telah hilang. Kemudian biarkan hingga kering kemudian divacuum untuk mengangkat kotoran yang tersisa.

  1. Hindari Gesekan Karpet dengan Benda Keras

Hindarkan larpet dari gesekan dengan benda keras. Apabila mungkin terjadi gesekan di atas karpet seperti adanya mimbar atau kursi maka cara memindahkannya dengan cara diangkat. bukan digeser. Sebab jika diseret akan beresiko meninggalkan bekas pada permukaan karpet.

Namum apabila keadaan ini terlanjur terjadi bahkan meninggalkan bekas permanen di karpet masjid. Maka Anda tak perlu ragu untuk menggantinya dengan yang baru. Sebab kini telah banyak yang jual karpet masjid di Bekasi. Sehingga Anda tak perlu lgawatit bila larpe Anda mengalami kerusakan.